Apakah batu bacan hitam bisa berubah warna?

Jika anda ingin mencari salah satu jenis batu akik berkualitas bagus dengan beragam khasiat, maka anda bisa mencoba batu bacan doko dan palamae. Apa saja khasiat yang tersembunyi dari batu alam ini? Batu bacan doko banyak ditemukan di daerah Maluku Utara, tepatnya di Halmahera. Keunikan dan keindahan yang dimiliki batu bacan doko (Chrysocolla) merupakan hal menarik yang menjadi pendorong pecinta batu alam dan permata untuk mengoleksi jenis batu ini. Keindahan dan daya tarik dari batu bacan doko adalah kilau warna dan teksturnya.

Banyak orang yang bilang, pesona batu bacan doko ini mampu menghadirkan ketenangan dan ketenteraman bagi mereka yang memandang, menyimpan dan memakainya. Keindahan batu bacan doko tidak kalah dengan jenis batu giok china yang selama ini sudah kesohor dan dikenal dunia. Di Korea, batu alam ini sangat digemari dan dikenal sebagai green jade serta termasuk salah satu gemstones terbaik di kancah internasional.

Batu bacan doko berasal dari desa Doko, pulau Kasiruta, Halmahera, Maluku Utara. Warna dominan yang menjadi ciri khas batu bacan doko adalah hijau bening hingga warna yang agak gelap. Karena warna utama tersebut, banyak orang yang menyebutnya sebagai batu bacan doko hijau.

Batu akik Doko saat ini memang banyak diincar para kolektor permata, karena proses pengkristalan yang terjadi pada batu ini tergolong sangat cepat. Dalam usaha untuk menentukan keaslian batu bacan doko, bisa menggunakan cahaya lampu senter. Cahaya lampu senter yang diarahkan ke batu ini akan tembus atau dibiaskan.

Keunikan dan Khasiat Batu Bacan Doko

Sifat warna yang agak bening dari batu bacan doko hampir sama dengan batu akik palamae yang saat ini semakin sulit didapatkan. Tingkat keindahan dan nilai harga jual batu bacan doko tergantung dari tingkat kecerahan warnanya, di mana semakin tinggi tingkat kecerahan warna pada batu ini maka harga jualnya pun semakin mahal.

Banyak kolektor batu yang juga tertarik memiliki batu akik Doko cincau, warna awalnya adalah agak kehitaman dari luar. Setelah dipakai atau disimpan sampai 3-4 bulan, warnanya berubah menjadi warna hijau gelap. Perubahan warna yang terjadi pada batu bacan doko menyebabkan banyak orang menganggapnya sebagai batu hidup. Batu akik doko ini dipercaya dapat menyerap unsur mineral di sekitarnya.

Jika Anda meletakkan batu ini berada di dekat emas, maka batu ini semakin lama akan memiliki unsur warna sedikit kekuningan layaknya warna emas. Demikian juga perak, atau batu alam berwarna lainnya. Oleh sebab itu, batu bacan doko kristal juga dapat mengganti warnanya secara perlahan.

Selain kemampuan menyerap energi dan mineral sekitar, kehebatan batu bacan doko dipercaya bisa menyehatkan kondisi psikologis (jiwa). Memiliki batu bacan doko juga mampu untuk mengurangi rasa lelah dan menyeimbangkan jiwa pemakainya. Sementara bagi praktisi supranatural, batu bacan doko dipercaya bermanfaat untuk kesaktian, mampu meningkatkan pola pikir seseorang dan dapat memperkuat kinerja dari jantung.

Batu bacan memang tidak terlalu memiliki khasiat yang lebih condong kedalam mistis layaknya batu kecubung, melainkan lebih kepada khasiat dalam sosial saja. Warna yang indah dan kualitas batu yang keras hingga mencapai 7 skala Mohs. Dengan keunikan dan khasiatnya ini batu bacan doko murah bisa mencapai puluhan juta rupiah untuk batu yang asli. Batu asal Maluku Utara ini telah dikenal dunia sebagai batu permata berkualitas unggulan dan membuat batu ini sering menjadi incaran para gemslover.

Tips Merawat Batu Bacan Doko dan Cara Membuatnya Makin Berkilau

Batu bacan doko memiliki banyak keunikan dibandingkan jenis batu permata lainnya, selain karena beberapa khasiatnya yang cukup terkenal. Hal inilah yang membuat batu bacan doko asli (super) menjadi cukup mahal. Tak heran jika sebagian orang yang bermodal pas-pasan lebih memilih untuk membeli jenis yang masih muda, kemudian dirawat hingga menjadi super. Bagaimanakah caranya?

Ciri Batu Bacan Doko Berkualitas Bagus

Sebelum pembahasan tersebut, ada baiknya kenali dulu ciri bongkahan batu bacan yang berkualitas baik. Hal yang diperhatikan adalah berat dan warnanya. Bongkahan batu bacan yang bagus biasanya lebih berat karena kandungannya padat. Bahan yang padat tidak muda hancur ketika digosok, maka jika ada bahan lain yang bisa menjadi perbandingan, coba bandingkan satu dengan yang lain. Jika perlu gunakan timbangan.

Dari sisi warna, batu bacan doko yang berkualitas baik adalah memiliki warna yang sedikit lebih gelap walaupun sama sama hijau. Jika banyak warna hitamnya, berarti bahan batu tersebut bisa menjadi pilihan bagus karena bongkahan bacan hitam juga lebih padat.

Teknik Cara Perawatan Batu Bacan Doko agar Makin Kinclong

Perawatan dan treatment yang ditempuh untuk membuat batu bacan doko menjadi agak tua (super) adalah menggunakan teknik pemanasan (heat treatment). Teknik ini merupakan proses lanjutan dari yang sudah alam lakukan. Perawatan dengan pemanasan masih sering digunakan untuk memperbaiki kualitas dan kejernihan batu alam, seperti inklusi, senyawa kimia, dan zat-zat pengotor lainnya. Bila anda ingin merawat batu bacan doko muda dengan heat treatment, anda membutuhkan beberapa peralatan, yakni aluminium foil dan arang kayu bakar.

Nyalakan arang atau kayu bakar hingga tercipta bara api. Bungkus batu bacan doko dengan kertas aluminium foil dan letakkan di dekat bara api (10-20cm). Proses pemanasan tersebut berlangsung 2-4 jam. Bara api harus tetap dijaga, anda bisa menggunakan kipas angin agar bara tetap menyala. Jika anda memiliki microwave (400 derajat celcius), maka prosesnya bisa lebih praktis dan bersih. Rutinitas yang anda lakukan tersebut dapat membuat kualitas batu bacan doko anda semakin jernih dan berkilau dalam 3-4 minggu.

Tips Menghilangkan Noda pada Batu Bacan Doko agar Makin Mengkristal

Sementara itu, untuk menghilangkan warna dan bintik hitam yang ada dalam batu bacan doko bisa dilakukan dengan cara treatmen atau memproses ulang batu bacan agar mengkristal dengan baik. Caranya: oles batu bacan dengan minyak bayi atau kayu putih, kemudian jemur di bawah terik matahari sekitar pukul 10 s/d 12 siang. Alasi batu dengan pring atau mangkuk agar tidak bergesekan dengan debu luar. Setelah dianggap agak mengkilap, perhatikan perubahan warna yang terjadi. Jika belum ada perubahan signifikan setelah melakukan penjemuran bisa dioles ulang hingga bercak warna hitam menjadi samar.

Selain cara di atas, merawat batu bacan muda bisa juga menggunakan air jeruk dan air kelapa. Tujuannya untuk membantu mengangkat kapur pada batu bacan. Sebaiknya gunakan perbandingan 1:10 untuk air jeruk dan air kelapa. Jika noda kapur terangkat, gosok batu dengan amplas halus secara perlahan. Jika masih kurang puas dengan hasilnya rendam lagi. Lalu ulangi langkah yang sama. Mau lebih terlihat hasilnya dalam waktu cepat? Jemur juga batu di pagi hari bersama air rendaman. Rutinitas ini memerlukan waktu 2-3 bulan untuk hasil optimal.

Inilah Harga Batu Bacan Doko Rp 100 Juta

Batu Bacan Doko adalah batu termahal dengan harga Rp 100 juta di Pameran Batu Mulia di lapangan SPN Batua Jl Panaikang, Makassar, tahun 2015 lalu. Batu Bacan Doko ini dengan pengikat emas campur. Ada dua jenis batu Bacan, yaitu batu Bacan Doko dan batu Bacan Palamea yang keduanya berasal dari Pulau Bacan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga menambah wawasan anda tentang batu akik, khususnya batu bacan doko. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman anda di media sosial, seperti Facebook dan Twitter.

Berapa lama merendam batu bacan?

Perendaman batu bacan dengan menggunakan air selama kurang lebih dua sampai tiga hari akan membantu batu tersebut menyerap air hingga ke pori-porinya, yang akan mengangkat segala kotoran atau sisa-sisa larutan yang melekat pada batu.

Bagaimana cara merawat batu bacan?

7 Cara Merawat Batu Akik Bacan Agar Mengkilap dan Mengkristal.
Bersihkan Dengan Kain yang Lembut..
Olesi Batu Dengan Minyak Zaitun..
Simpan Di Tempat Terbuka..
Hindarkan Dari Benturan..
Dipakai Setiap Hari..
Bawa Ke Tukang Poles..
Perendaman dan Penjemuran..

Batu bacan apa yang paling mahal?

Batu Bacan Doko Jenis batu bacan termahal ini juga dikenal sebagai batu "hidup" karena kemampuannya menyerap energi di sekitarnya. Batu ini bisa berubah warna menjadi hijau helap setelah dipakai atau disimpan dalam waktu lama.

Apa keistimewaan batu bacan?

Manfaat batu bacan di percaya di berikan karena sifatnya yang unik yang mampu berubah warna, selain itu batu ini dipercaya memiliki energi yang menangkal kejahatan.