Apakah perbedaan bentuk leukosit eritrosit dan trombosit

pixabay

Eritrosit (sel darah merah)

GridKids.id - Pasti banyak yang sudah tahu kalau di dalam tubuh kita terdapat darah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), darah adalah cairan terdiri atas plasma, sel-sel merah dan putih yang mengalir dalam pembuluh darah manusia atau binatang.

Nah, tahukah kamu apa susunan yang menyusun darah, Kids?

Darah tersusun atas sel darah dan plasma darah.

Baca Juga: Fungsi Darah di Tubuh Manusia, Perannya Ternyata Sangat Penting

Bagian dalam darah yang padat disebut sel darah, sementara bagian yang cair disebut sebagai plasma darah.

Kali ini kita akan membahas bersama tentang macam-macam sel darah. 

Ada tiga macam sel darah, yakni eritrosit, leukosit, dan trombosit.

Yuk, kita simak penjelasan apa itu eritrosit, leukosit, dan trombosit beserta fungsinya!

Apa Itu Eritrosit?

Pixabay.com

Sel darah merah (ilustrasi).

Eritrosit adalah sel darah merah, Kids. Di dalamnya terkandung hemoglobin.

Hemoglobin merupakan pigmen protein yang mengandung senyawa hewe.

Tentu kita sudah tahu kalau darah itu berwarna merah.

Nah, hemoglobin adalah yang berperan dalam memberikan warna merah pada darah, Kids.

Lalu, selain memberikan warna merah, sebenarnya apa fungsi hemoglobin?

Baca Juga: Apa Itu Sistem Peredaran Darah Besar atau Peredaran Darah Sistemik?

Hemoglobin berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh sel tubuh.

Selain itu, hemoglobin juga mengangkut karbon dioksida dari jaringan tubuh ke paru-paru.

Jika dilihat dari samping, bentuk sel darah merah seperti cakram yang cekung di kedua sisi atau disebut bikonkaf.

O iya, eritrosit dibentuk di sumsum tulang merah ketika telah dewasa.

Namun, saat masih embrio, sel darah merah dibentuk di hati dan limfa, Kids.

Apa Itu Leukosit?

Leukosit adalah sel darah putih. Bentuknya enggak tetap atau disebut amuboid.

Sel darah putih berfungsi untuk melenyapkan kuman, penyakit, serta benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, leukosit juga berfungsi untuk mengangkut zat lemak.

Pembentukan leukosit terjadi di sumsum tulang merah dan limfa.

O iya, leukosit ada yang ber-granula atau granulosit yang terdiri dari eosinofil, basofil, dan neutrofil.

Selain itu, ada pula yang enggak ber-granula atau agranulosit yang terdiri dari monosit dan limfosit.

Baca Juga: Apa Itu Sistem Peredaran Darah Kecil atau Peredaran Darah Pulmonal?

Apa Itu Trombosit?

Trombosit adalah keping darah yang berbentuk enggak teratur, berukuran kecil, enggak berinti, dan enggak berwarna. Pembentukannya terjadi di sumsum tulang.

Trombosit cenderung mudah pecah kalau keluar dari pembuluh darah atau tersentuh oleh benda dengan permukaan kasar.

Trombosit yang pecah kemudian akan menghaslkan trombokinase.

Trombokinase berperan penting dalam proses pembekuan darah, Kids.

-----

Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dan pengetahuan seru, langsung saja berlangganan majalah Bobo dan Mombi SD. Tinggal klik di https://www.gridstore.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan materi biologi tentang darah, khusunya perbedaan sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan keping darah (trombosit). Tentunya materi yang disediakan disusun dalam bentuk tabel agar mudah difahami dan dihafalkan.


Tabel perbedaan eritrosit leukosit dan trombosit.

PEMBEDA ERITROSIT LEUKOSIT TROMBOSIT
Ukuran 7,5 nm 5-9 nm 1-4 nm
Jumlah ± 5.000.000/nm³ ± 7.000/nm³ ± 300.000/nm³
Struktur Tanpa nukleus, mempunyai hemoglobin Mempunyai nukleus, tanpa hemoglobin Tanpa nukleus, tanpa hemoglobin
Bentuk Cakram bikonkaf Tidak beraturan Tidak beraturan
Tempat produksi Sumsum merah tulang pipa dan tulang pipih Sumsum tulang dan kelenjar limfa Sumsum tulang belakang
Fungsi Membawa O₂ dari paru paru ke seluruh tubuh dan membawa CO₂ dari seluruh jaringan ke paru-paru Fagosit memakan kuman. Limfosit menghasilkan antibodi untuk membunuh kuman Pembekuan darah

Demikian tabel perbedaan antara eritrosit leukosit dan trombosit. Teruslah belajar dan carilah ilmu dari berbagai sumber dan referensi agar wawasan kita bertambah. Semoga bermanfaat.

Di dalam aliran darah terdapat sel darah merah dan sel darah putih yang memiliki fungsi masing-masing sehingga tubuh dapat bekerja dengan optimal. Untuk itu bahasan tentang jawaban pertanyaan apa perbedaan eritrosit, leukosit, dengan trombosit merupakan suatu kewajiban untuk segera dijelaskan pada artikel ini.


Eritrosit Pengertian eritrosit (sel darah merah) adalah suatu jenis sel darah yang paling banyak ditemukan dalam tubuh dan memiliki fungsi membawa oksigen ke jaringan tubuh melalui darah, terutama pada hewan bertulang belakang. Bagian dalam eritrosit terdiri dari hemoglobin, yaitu sebuah biomolekul yang mengikat oksigen.

Baca juga: Perbedaan Mutasi gen dan Mutasi Kromosom

Hemoglobin akan mengambil oksigen dari paru-paru dan insang, dan oksigen akan dilepaskan saat eritrosit melewati pembuluh kapiler. Warna merah sel darah merah sendiri berasal dari warna hemoglobin yang unsur pembuatnya adalah zat besi. Pada tubuh manusia, sel darah merah dibuat di sumsum tulang belakang, lalu membentuk kepingan bikonkaf. Di dalam sel darah merah tidak terdapat nukleus. Sel darah merah sendiri aktif selama 120 hari sebelum akhirnya dihancurkan.

Leukosit

Pengertian leukosit (sel darah putih) adalah sel yang membentuk komponen darah dengan fungsi untuk membantu tubuh melawan berbagai penyakit infeksi sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh. Sel darah putih tidak berwarna, memiliki inti, dapat bergerak secara amoebeid, dan dapat menembus dinding kapiler/diapedesis.

Baca juga: Perbedaan Prokariotik dan Eukariotik

Leukosit di dalam tubuh tidak berasosiasi secara ketat dengan organ atau jaringan tertentu, mereka bekerja secara independen seperti halnya pada organisme sel tunggal. Leukosit memiliki kemampuan untuk bergerak bebas dan berinteraksi dan menangkap serpihan seluler, partikel asing, atau mikroorganisme penyusup. Sifat leukosit yang lain diantaranya adalah mereka tidak bisa membelah dirinya sendiri atau melakukan proses reproduksi dengan cara mereka sendiri, melainkan leukosit merupakan produk dari sel punca hematopoietic pluripotent yang terdapat pada sumsum tulang. Leukosit turunan meliputi: sel NK, sel biang, eosinofil, basofil, dan fagosit termasuk makrofaga, neutrofil, dan sel dendritik.

Trombosit

Pengertian trombosit (keping darah atau lempeng darah) adalah sel anuclear nulliploid (tidak mempunyai nukleus pada DNA-nya) dengan bentuk tak beraturan dengan ukuran diameter 2-3 µm yang merupakan fragmentasi dari megakariosit. Keping darah tersirkulasi dalam darah dan terlibat dalam mekanisme hemostasis tingkat sel dalam proses pembekuan darah dengan membentuk darah beku.

Baca juga: Perbedaan Mitosis dan Meiosis

Rasio plasma keping darah normal berkisar antara 200.000-300.000 keping/mm³, nilai dibawah rentang tersebut dapat menyebabkan pendarahan, sedangkan nilai di atas rentang yang sama dapat meningkatkan risiko trombosis. Selain itu trombosit memiliki bentuk yang tidak teratur, tidak berwarna, tidak berinti, berukuran lebih kecil dari eritrosit dan leukosit, dan mudah pecah jika tersentuh oleh benda kasar.

Perbedaan Eritrosit Leukosit dan Trombosit

Fungsi eritrosit adalah untuk mengangkut oksigen dalam bentuk Hb02 (oksihaemoglobin), fungsi leukosit adalah sebagai pertahanan tubuh, fungsi trombosit adalah membantu dalam proses pembekuan darah. Jumlah normal eritrosit berkisar 4-5 juta sel/ml darah, jumlah sel leukosit antara 6.000 - 9.000 sel/ml darah, dan jumlah trombosit sekitar 200.000 - 400.000 sel/ml darah. Bentuk eritrosit adalah bikonkaf dan mengandung haemoglobin (Hb) pada mamalia tidak berinti sel, bentuk leukosit adalah bervariasi dan memiliki kemampuan bergerak seperti amoeba dan memiliki inti sel, sedangkan bentuk trombosit adalah seperti cakram dan merupakan sitoplasma sel besar tertentu (megakariosit) yang ada di sumsum tulang sehingga tidak mengandung inti sel.

Demikian perbedaan antara eritrosit, leukosit, dan trombosit yang dapat diterangkan di artikel blog area perbedaan kali ini. Saya hanya berharap agar tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, terutama adik-adik tercinta yang saat ini sedang menyelesaikan tugas sekolah yang diberikan oleh bapak atau ibu gurunya.

Perbedaan Eritrosit, Leukosit dan Trombosit 2015-05-20T04:10:00+07:00 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis