Apakah stagen bisa mengecilkan perut pasca melahirkan

Setelah melahirkan, bentuk tubuh wanita tidak serta-merta kembali ke bentuk semula, terutama bagian perut. Kebanyakan wanita mencoba cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan berbagai upaya, seperti berolahraga atau menjaga asupan makanan.

Sebenarnya, setelah melahirkan Bunda mengalami penurunan berat badan sekitar 5 kilogram. Namun, penurunan berat badan ini tidak dapat mengecilkan dan mengencangkan perut Bunda secara instan. Perlu waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk menyingkirkan perut buncit setelah melahirkan.

Penyebab Perut Buncit Setelah Melahirkan

Perut buncit saat hamil disebabkan oleh meregangnya otot perut dan jaringan ikat di sekitarnya. Hal ini terjadi secara alami untuk memberikan ruang bagi bayi.

Nah, setelah melahirkan, rahim akan mengecil dan kembali ke keadaan seperti sebelum hamil. Mengecilnya rahim ini dipengaruhi oleh perubahan hormonal yang membutuhkan waktu sekitar 6–8 minggu.

Selain itu, kelebihan cairan dalam tubuh selama hamil juga akan dikeluarkan melalui urine, cairan vagina, dan keringat. Keluarnya carian ini juga akan memengaruhi bentuk tubuh Bunda.

Namun, mengecilnya perut setelah melahirkan ini tentu tidak dapat dilihat dengan cepat. Diperlukan setidaknya beberapa minggu untuk mendapatkan kembali bentuk tubuh yang Bunda idamkan.

Cepat lambatnya perut untuk mengecilnya setelah melahirkan pun tergantung pada beberapa faktor, seperti:

  • Genetik
  • Bentuk dan ukuran tubuh sebelum mengandung
  • Kenaikan berat badan selama masa kehamilan
  • Aktivitas fisik atau olahraga yang dilakukan

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Ada beberapa cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang dapat Bunda coba. Cara ini tak hanya untuk mengecilkan perut saja, tetapi juga dapat menurunkan berat badan secara keseluruhan. Berikut adalah penjelasannya:

1. Menyusui

Menyusui diketahui dapat menjadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Hal ini karena menyusui dapat membantu Bunda membakar 300 kalori per hari, sehingga lebih cepat menurunkan berat badan dibandingkan ibu yang memberikan susu formula pada bayinya.

Selain itu, menyusui juga memicu kontraksi yang membantu Bunda mengecilkan rahim. Jika rahim mengecil, perut juga akan dengan mudah mengecil. Meski menyusui dapat membantu menurunkan berat badan, aktivitas ini tidak akan memengaruhi produksi ASI.

2. Berolahraga secara teratur

Tidak hanya menjadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan, olahraga juga dapat mengencangkan dinding perut dan membakar kalori. Bunda dapat mencoba berbagai olahraga ringan, seperti berjalan kaki, senam aerobik, yoga, peregangan, berenang, atau senam kegel.

Namun, Bunda sebaiknya menunggu hingga enam minggu setelah melahirkan jika ingin mulai berolahraga. Bunda juga disarankan untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter guna menentukan durasi dan jenis olahraga yang sesuai.

3. Menjaga asupan makanan

Menjaga asupan makanan menjadi salah satu kunci dalam mengecilkan perut setelah melahirkan. Bunda membutuhkan 1.800–2.200 kalori per hari, yang bisa diperoleh dari konsumsi protein, karbohidrat kompleks, buah-buahan, sayuran, lemak tak jenuh, biji-bijian, dan makanan tinggi serat.

Selain itu, makanlah dengan porsi yang lebih kecil tetapi sering, dan hindari konsumsi makanan cepat saji. Jangan melakukan diet ekstrem yang dapat membuat tubuh kelaparan, stres, dan lelah karena bisa memengaruhi produksi ASI.

Diet ekstrem juga membuat Bunda tidak mendapat asupan gizi yang cukup, sehingga Si Kecil juga tidak mendapatkan nutrisi terbaik dari ASI Bunda.

4. Menggendong Si Kecil

Menurut ahli kebugaran prenatal, menggendong Si Kecil setara dengan membawa beban seberat 3,6–5,4 kilogram. Jika ditambah dengan squat, menggendong Si Kecil dapat membantu Bunda membentuk otot tubuh bagian bawah dan meningkatkan metabolisme tubuh.

5. Minum banyak air

Minum segelas air sebelum makan dapat menekan keinginan untuk makan berlebihan, sehingga mampu menjadi salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan.

Bunda juga dianjurkan untuk minum setidaknya 8 gelas air per hari, untuk membuang racun tubuh dan mencukupi kebutuhan cairan. Minum air yang cukup juga dapat membantu Bunda kenyang lebih lama.

6. Mengonsumsi probiotik

Konsumsi probiotik dapat menjadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan, karena mampu mengurangi lemak perut. Hal ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi probiotik selama 6 minggu dapat mengurangi lemak perut sebanyak 3–4%.

Probiotik dikenal sebagai bakteri baik yang mampu meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan. Namun, Bunda tetap dianjurkan untuk berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang agar mendapatkan berat badan yang sehat dan ideal.

Sebagian wanita mungkin merasa sulit untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti sebelum hamil, terutama di bagian perut. Bunda dapat mencoba beberapa cara mengecilkan perut setelah melahirkan di atas untuk mendapatkan bentuk tubuh idaman.

Namun, sebelum mengecilkan perut ataupun menurunkan berat badan setelah melahirkan, Bunda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar mendapatkan saran yang tepat dan upaya yang dilakukan lebih efektif.

Terakhir diperbarui: 15 November 2021

Berapa Lama Harus pakai stagen setelah melahirkan?

Menurut Bidan Yesie Aprillia, di Indonesia sendiri gurita atau stagen memang lebih akrab dikenal dengan bengkung kain. Pada persalinan normal gurita bisa digunakan pada H+3 pasca melahirkan.

Apakah habis melahirkan harus memakai stagen?

Pada dasarnya, dunia kedokteran tidak pernah menganjurkan penggunaan stagen setelah melahirkan. Stagen tidak memberikan efek positif untuk mengecilkan atau mengencangkan perut karena bersifat pasif. Demikian seperti mengutip Buku Pintar Ibu Hamil oleh Tim Naviri. "Pada saat memakai stagen, perut akan terasa kencang.

Apakah memakai korset setelah melahirkan bisa mengecilkan perut?

Menggunakan korset menjadi salah satu cara yang digunakan mengecilkan perut. Menurut Jay Goldberg, MD, seorang ginekolog di Beverly Hills, California, korset yang dipakai setelah melahirkan berguna untuk mengikat bentuk perut dalam waktu yang lama.

Perut buncit setelah melahirkan apa solusinya?

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan.
Menyusui. Menyusui diketahui dapat menjadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan. ... .
2. Berolahraga secara teratur. ... .
Menjaga asupan makanan. ... .
Menggendong Si Kecil. ... .
Minum banyak air. ... .
6. Mengonsumsi probiotik..