Cara agar cas hp cepat penuh

Kapasitas daya baterai bisa menurun jika pengguna tidak merawat ponsel dengan baik. Biasanya daya baterai ponsel akan berkurang setelah 3 tahun lebih. Berikut cara cas HP yang benar.

Oleh Dwi Latifatul Fajri

25 Agustus 2022, 16:16

Pixabay.com/StockSnap

Ilustrasi, mengisi daya ponsel atau mengecas.

Baterai ponsel bisa menurun terus-menerus. Padahal baterai termasuk komponen penting pada ponsel. Kapasitas baterai menurun berdampak pada durasi pemakaian ponsel.

Sekarang ini banyak HP dengan kapasitas baterai besar disertai teknologi fast charging. Teknologi ini membuat baterai ponsel lebih awet dan pengisian daya lebih cepat.

Tetapi, kemampuan baterai dapat berkurang jika tidak dirawat dengan baik. Umumnya penurunan daya baterai terjadi setelah 500 sampai 1.000 siklus pengisian. Biasanya daya baterai ponsel akan berkurang setelah 3 tahun lebih. Supaya baterai ponsel awet, berikut tips mengisi daya baterai.

Baca Juga

  • Cara Mengekstrak File RAR di Laptop dan HP

Cara Cas HP yang Benar

1. Waktu Cas HP

Pengguna ponsel perlu mengetahui aturan pengisian ulang baterai. Anda bisa mengisi ulang baterai dari 30% sampai 90%. Usahakan cabut cas HP sebelum mencapai 100%. Mengutip dari techadvisor.com, mengisi baterai lithium-ion dari 80 sampai 100% dapat merusak daya. Hal ini menyebabkan kapasitas baterai cepat menurun.

2. Hindari Cas HP di Tempat Panas

Hindari mengisi daya baterai di tempat terlalu panas atau dingin. Kinerja baterai optimal berada di suhu ruangan 20 sampai 30° C. Jika suhu ruangan terlalu panas atau dingin dapat merusak kapasitas baterai.

3. Gunakan Cas HP Fast Charging

Sekarang ini ponsel terbaru mendukung pengisian daya cepat. Anda bisa membeli cas HP original Quick Charge dari Qualcomm yang menghasilkan daya 18W. Beberapa ponsel menyediakan muatan daya lebih tinggi hingga 45W.

Pengisian daya cepat tidak merusak masa baterai. Tetapi anda perlu berhati-hati ketika pengisian daya, suhu HP meningkat panas. Anda perlu mengganti pengisian daya untuk kesehatan masa baterai.

4. Pakai Mode Pesawat

Supaya baterai awet, hindari pemakaian HP. Pengguna bisa mematikan HP atau mengaktifkan mode pesawat. Sehingga data internet atau Wifi tidak menyala. Mode pesawat akan menghentikan notifikasi HP sementara. Sehingga ketika diisi, tidak terjadi peningkatan suhu.

Baca Juga

  • Cara Membuat Grup di IG Lewat Story dan DM

5. Hindari Cas Lewat Port USB Laptop

Pengguna ponsel sebaiknya menghindari cas HP lewat port USB di laptop atau komputer. Penyebabnya karena arus masuk cenderung lambat, sekitar 0,5A. Cas lewat port USB ini membuat pengisian daya lebih lama dan meningkatkan suhu ponsel.

6. Pakai Cas Original

Penggunaan Cas HP akan mempengaruhi kapasitas daya. Charger asli atau bawaan mengurai penurunan daya baterai. Umumnya cas HP ori tidak mempengaruhi suhu baterai. Pengguna bisa membeli charger lain, tetapi anda harus memperhatikan voltase dan ampere kepala charger sesuai kebutuhan Hp.

Editor: agung

  • #Cara Cas HP yang Benar
  • #Cara Cas HP
  • #Tips Mengisi Daya Baterai
  • #Cara Membuat Baterai Awet
  • #Artikel SEO
  • #Educate Me

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Email

Daftar

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Ternyata ada caranya supaya dapat mengisi / mengecas daya hp dengan cepat. Tentunya dengan menggunakan trik ini ponsel hp kalian akan terisi penuh.

Di era sekarang ponsel hp selalu dibutuhkan semua orang di setiap saat. Hampir seluruh kegiatan sekarang menggunakan hp entah itu ada hubungannya dengan kerjaan / tidak.

Jual Voucher Google Play Store murah hanya di itemku. Udah hemat, gampang, cepat pula! Klik di sini untuk mulai belanja. Jangan lupa ikuti akun Instagram dan Twitter EXP untuk konten menarik lainnya.

Memiliki daya handphone yang rendah pasti akan membuat sang pemilik HP ingin segera melakukan isi daya ke ponsel namun apa jadinya apabila ketika mengisi daya ponsel tersebut sangat lambat? Pasti membuat kalian frustasi bukan?

Daftar Isi

Cara Mengisi Daya HP Agar Cepat Penuh

Menyalakan Mode Pesawat

Dengan menggunakan mode pesawat / airplane mode berarti hanya beberapa aktivitas saja yang menyala seperti penggunaan internet. Dengan meminimalisir aktivitas yang ada di HP kalian ketika sedang dicas akan membuat daya hp lebih cepat terisi. Perlu diingat bahwa ketika kalian menyalakan mode ini kalian tidak dapat melakukan panggilan dan browsing di internet

Matikan Ponsel HP

Cara yang dapat membuat daya baterai kalian cepat penuh yaitu dengan mematikan ponsel yang artinya semua kegiatan / aktivitas yang ada di HP kalian akan berhenti sampai kalian menyalakan lagi HPnya. Trik ini sangat ampuh bagi kalian yang ingin mengisi ulang daya hp dengan cepat.

Dengan menggunakan cara ini kemungkinan kalian tidak akan mengetahui pemberitahuan seperti SMS, Panggilan Telepon, whatsapp dan lain sebagainya yang masuk ke HP kalian

Menggunakan Mode Hemat Baterai

Mode hemat baterai juga membantu kalian supaya mengecas daya hp dengan cepat. Hampir semua smartphone memiliki mode hemat baterai jadi gunakan fitur ini ketika daya hp kalian lemah atau pada saat mengisi daya.

Menggunakan Charger HP Asli

Mungkin beberapa dari kalian baru tahu bahwa menggunakan charger HP asli dapat mempercepat  pengisian daya baterai pada saat melakukan pengecasan.

Apabila kalian menggunakan charger yang bukan bawaan dari charger asli tersebut tentu tidak sebagus dan tidak cocok dengan charger asli sehingga dapat memperlambat pengisian baterai.

Menggunakan Charger Fast Charging

Sekarang ada beberapa charger yang memiliki fitur fast charging yang dapat mengisi data HP kalian dengan cepat bahkan dalam puluhan menit saja bisa langsung penuh baterainya.

Jangan Menggunakan HP pada saat Mengisi Daya

Dengan menggunakan HP pada saat proses charging dapat memperlambat isi daya karena terdapat aktivitas yang dilakukan di HP tersebut dan dayanya akan terkuras sesuai dengan aktivitas apa yang kalian lakukan.

Melakukan Isi Daya ke Sumber Listrik secara Langsung

Melakuan isi daya ke sumber listrik lebih cepat dibandingkan dengan kalian yang mengisi daya melalui pc, laptop dan power bank karena daya dari perangkat tersebut lebih kecil apabila dibandingkan dengan sumber listrik secara langsung.

Berikut adalah cara mengecas daya hp agar cepat penuh, dengan adanya cara tersebut kalian tidak perlu khawatir menunggu beberapa jam hingga daya baterai kalian terisi ulang kembali. Jangan lupa share artikel EXP ke teman-teman kalian.

Mengapa HP di cas lama penuh?

Keluhan mengapa HP lama mengisi baterai mengindikasikan peran baterai dalam ponsel sangatlah penting. Penyebab dari HP Anda lama dicas saat mengisi ulang baterai bisa jadi diakibatkan karena beberapa faktor. Misalnya, port pengisian daya yang bermasalah, kabel pengisi daya yang rusak, dan sebagainya.

Bagaimana cara agar mengisi baterai HP cepat penuh?

4 Cara Cepat Isi Baterai Tanpa Quick Charge.
Gunakan Charger Original. Smartphone Android saat ini hadir dengan port micro usb. ... .
Gunakan Mode Air Plane. Jika kamu ingin mengisi baterai ponsel Android dengan lebih cepat, sebaiknya gunakan mode airplane pada smartphonemu. ... .
Matikan Hp. ... .
Matikan Fitur..

Kenapa tidak boleh cas HP sampai 100%?

Tak Disarankan Ngecas HP Hingga 100 Persen Mengecas HP sampai 100 persen malah akan membuat HP tidak awet. Melansir dari KompasTekno, HP kita umumnya sudah menggunakan bahan lithium-ion. Nah, baterai HP yang terbuat dari bahan tersebut akan memiliki usia lebih panjang jika diisi daya dengan tegangan rendah.

Berapa persen ngecas HP yang benar?

Pengguna ponsel perlu mengetahui aturan pengisian ulang baterai. Anda bisa mengisi ulang baterai dari 30% sampai 90%. Usahakan cabut cas HP sebelum mencapai 100%. Mengutip dari techadvisor.com, mengisi baterai lithium-ion dari 80 sampai 100% dapat merusak daya.