Cara laporkan kiriman di facebook

Indonesiabaik.id - Media sosial saat ini marak akan berbagai tindak kejahatan internet (cyber crime), diantaranya situs penipuan online, berita hoax situs bervirus, situr porno, situs intoleran atau yang mengandung provokatif dan lain-lain.

Untuk itu, masyarakat diminta turut serta dan aktif untuk memberantas cyber crime dengan melaporkan konten yang berbahaya dan tidak sehat.

Pengaduan dapat dilakukan melalui formulir pengaduan seperti di Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan link http://trustpositif.kominfo.go.id atau dapat diakses di formulir pengaduan portal polisi online di http://www.polisionline.net/p/form-pengaduan.html  atau juga dapat kirim e-mail lewat aduan konten dari Kominfo di

Selain itu, masyarakat juga dapat melihat keaslian gambar atau foto langsung lewat Google. Dapat dilakukan dengan cara membuka ikon Google Image, klik ikon kamera lalu akan muncul dua ikon Tempel URL gambar atau Upload gambar. Klik salah satu pilihan seusai dengan kebutuhan, lalu akan muncul gambar, artikel atau keterangan pada hasil pencarian.

Di platform media sosial seperti Facebook dan Twitter juga menyediakan laporan langsung jika ada konten-konten yang negatif. Seperti di Facebook, dapat di klik pojok kanan atas pada postingan, klik laporan kiriman/laporan foto, setelah itu pilih jenis laporan dan pilih kiriman ke Facebook untuk ditinjau. Untuk pengguna Twitter, klik simbol tiga titik diatas kanan kiriman, setelah itu klik “report tweet’ atau ‘laporkan kicauan.

Sebuah grup Facebook bertujuan untuk membangun komunitas terhadap sesuatu yang sesuai dengan minat seseorang. Sehingga mereka dapat berkomunikasi dan menjalin hubungan lebih erat terhadap minat yang sama. Namun tidak semua grup tampak seperti itu.

Adapun sebuah grup yang hanya didirikan untuk menyebarkan hal-hal yang menganggu. Contohnya adalah unsur berita palsu, kalimat sara, penipuan, dan lain-lain. Tentunya jenis grup yang seperti itu telah melanggar ketentuan atau standar komunitas Facebook dan beresiko dihapus.

Apabila kamu menemukan grup semacam itu, kamu bisa melaporkannya ke Facebook untuk ditinjau. Selama grup itu benar melanggar ketentuan, pastinya Facebook tidak segan akan langsung menghapusnya dan takkan dapat diakses lagi.

Bagaimana Cara Melaporkan Grup Facebook yang Mengganggu?

Dengan melaporkan grup yang melanggar ketentuan Facebook, kamu telah membantu banyak orang terhadap konten negatif yang ada didalamnya. Dan sehubungan banyaknya pengguna menggunakan perangkat ponsel, tutorial dibawah ini bisa dilakukan melalui aplikasi Facebook di ponsel.

  1. Buka grup yang akan dilaporkan.
  2. Ketuk tombol opsi titik tiga dibagian kanan atas.

  3. Akan muncul dialog, pilih opsi Laporkan.

  4. Selanjutnya pilih jenis pelanggaran yang ada di grup tersebut.

  5. Kemudian ketuk opsi Laporkan Grup.

  6. Selesai, kamu berhasil melaporkannya.

Suatu saat kamu akan mendapatkan pembaruan dari Facebook apakah grup tersebut benar melanggar atau tidak. Jika pun melanggar, pastinya akan langsung dihapus dari sistem dan semua orang termasuk admin grup tersebut takkan dapat mengaksesnya lagi.

Apakah Grup Facebook yang Dihapus Masih Bisa Aktif Kembali?

Jawabannya adalah TERGANTUNG. Sebab admin grup masih dapat melakukan banding terhadap grup tersebut. Namun kesempatan untuk membuat grup tersebut aktif kembali sangatlah kecil dan nyaris mustahil.

Kecuali jika terdapat kesalahan teknis yang membuat grup tersebut dihapus tanpa adanya unsur yang jelas, maka dengan melakukan banding pastinya grup itu akan dapat hidup lagi.

Baca juga: Cara Mencari Kiriman Orang di Grup Facebook

Kesimpulan

Grup publik ataupun privasi yang melanggar dapat dilaporkan ke Facebook untuk ditinjau lebih lanjut. Namun pastikan juga bahwa kamu tidak menyalahgunakan fitur untuk melaporkan ini. DAn segala laporan biasanya akan mendapatkan respon dalam beberapa hari, paling cepat adalah 24 jam.

Jika kamu merupakan seorang admin grup, ada baiknya untuk dibuat peraturan untuk mencegah terjadinya pelanggaran. Misalnya anggota tidak boleh mengunggah konten berbau sara atau menggunakan kata-kata kotor/terlarang. Dengan begitu, grup akan aman dan tidak sampai dihapus oleh Facebook.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan, semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

Apa yang terjadi jika kita melaporkan akun fb orang lain?

Kecuali Anda melaporkan insiden pelanggaran kekayaan intelektual, laporan Anda akan tetap dirahasiakan dan akun yang Anda laporkan tidak akan bisa melihat siapa yang melaporkan mereka. Perlu diingat, tidak ada jaminan bahwa sesuatu yang dilaporkan ke Facebook akan dihapus.

Bagaimana cara menghubungi pihak Facebook?

Jika Anda yang membutuhkan bantuan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan..
Cari Solusi Permasalahan Anda di Halaman Bantuan Facebook. ... .
2. Hubungi Live Chat Facebook. ... .
3. Formulir Kontak Langsung (Direct Contact Form) Facebook. ... .
Kirim E-mail ke Facebook. ... .
Hubungi Facebook Lewat Media Sosial..

Bagaimana cara melaporkan penipuan di facebook?

Pengalaman browser seluler klasik.
Buka aplikasi Facebook untuk iOS atau Android..
Buka Halaman yang menyamar..
Ketuk di bawah foto sampul dan pilih Cari dukungan atau laporkan Halaman..
Pilih Penipuan dan Halaman palsu..
Pilih opsi yang paling tepat mendeskripsikan Halaman yang menyamar..
Ketuk Berikutnya..

Apa nama email facebook resmi?

@support.facebook.com.