Cara melapor facebook lewat email

Ilustrasi Facebook. Foto: Solen Feyissa/unsplash

Setiap pengguna bisa melakukan cara melaporkan masalah masuk Facebook saat mereka sedang mengalami kendala untuk login. Tak jarang, beberapa pengguna mengalami masalah saat akan login akun FB.

Facebook merupakan salah satu media sosial yang keberadaannya sudah ada sejak lama dibandingkan dengan lainnya. Hingga saat ini, masih ada pengguna yang menggunakan media ini meskipun kepopulerannya tidak sehebat dulu.

Untuk menggunakannya, pengguna harus masuk dengan email dan kata sandi yang terdaftar. Namun, terkadang ada keluhan dari mereka jika mendapati masalah masuk di FB.

Jika kamu mengalaminya, maka perlu mengetahui cara melaporkan masalah masuk Facebook di laptop dan lainnya. How To Tekno akan membantumu lewat artikel berikut ini.

Cara Melaporkan Masalah Masuk Facebook

Ilustrasi cara melaporkan masalah masuk Facebook. Foto: Solen Feyissa/Unsplash

Secara umum, melaporkan masalah di FB bisa kamu lakukan dengan tutorial berikut, yang dikutip dari laman resmi Facebook:

Cara Melaporkan Masalah Masuk Facebook, Ikuti Langkah Berikut

Cara melaporkan masalah masuk Facebook bisa dilakukan lewat HP atau pun laptop. Berikut adalah langkahnya.

1. Login ke Facebook Lewat HP atau Laptop

Login ke Facebook di HP atau komputer. Klik ikon opsi di kanan atas Facebook. Pilih ‘Bantuan & Dukungan’, lalu pilih ‘Laporkan Masalah’ dan ikuti petunjuk di layar.

2. Atasi dengan Metode Lain Jika Tidak Bisa Login

Tutorial di atas tidak bisa kamu lakukan karena tidak dapat login atau masuk ke akun FB. Sehingga, kamu perlu mengatasinya dengan beberapa metode lain.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Facebook

Ada beberapa metode lainnya sebelum kamu bergegas untuk melapor ke pihak Facebook terkait masalah login. Metode ini dikutip langsung dari laman resmi Facebook:

1. Pulihkan Akun Facebook

Ilustrasi cara melaporkan masalah masuk Facebook. Foto: Sastia Ainun/kumparan

Metode pertama adalah memulihkan akunmu yang tidak bisa login tadi. berikut caranya:

  1. Buka facebook.com/login/identify dan ikuti petunjuknya. Pastikan menggunakan komputer atau ponsel yang sudah kamu gunakan sebelumnya untuk login ke akun Facebook.

  2. Cari akun yang ingin kamu pulihkan dengan mencari akunmu berdasarkan nama, alamat email, atau nomor telepon.

  3. Ikuti langkah-langkah di layar untuk mereset kata sandi akun kamu.

2. Gunakan Email atau Nomor Telepon Lain untuk Login

Kamu bisa kembali ke akun Facebook dengan menggunakan email alternatif atau nomor ponsel yang tercantum di akunmu. Jika tidak mengetahui informasi alternatif yang kamu miliki, maka gunakan cara ini:

  1. Dengan menggunakan komputer atau telepon seluler yang sebelumnya kamu gunakan untuk login ke akun Facebook, buka facebook.com/login/identify dan ikuti petunjuknya.

  2. Pelajari cara mereset kata sandi begitu kamu bisa mengakses akun lagi.

Demi alasan keamanan, setiap pengguna tidak akan bisa menggunakan nomor ponsel yang sama seperti yang digunakan untuk autentikasi dua faktor untuk membantu mereka mereset kata sandi.

Sehingga, pengguna harus menambahkan nomor ponsel atau alamat email lain ke akun untuk mereset kata sandi jika perlu. Alangkah baiknya, cantumkan detail, misalnya menambahkan cuplikan layar dan deskripsi, agar bisa membantu pihak FB menemukan masalahnya.

Demikian solusi cara melaporkan masalah masuk Facebook. Kamu bisa mencoba beberapa metode di atas untuk mencoba masuk di akun FB.

Juara media sosial di Indonesia? Tampaknya masih dipegang oleh Facebook karena hampir semua orang punya akunnya, sama dengan WhatsApp. Walau beda generasi tapi ingin berhubungan kembali ke teman lama atau saudara jauh memang biasanya ada disini.

Tapi dalam pemakaian dan aktivitas di dalamnya tentu tidak serta merta lancar. Bisa karena ada akun yang mengaku sebagai orang lain, penipuan, berita hoax yang viral, masalah iklan dalam ekosistem Facebook dan Instagram dan masih banyak lagi.

Alamat Facebook di Indonesia

Sejak tahun 2017 Facebook telah memiliki kantor cabangnya di Indonesia, walau bukan ditujukan untuk layanan pelanggan. Tapi kalau sudah parah kendalanya bisa dipertimbangkan datang langsung ke lokasi.

  • Alamat 1: Gedung Capital Palace. Jl. Gatot Subroto No.Kav 18, RT.6/RW.1, Kuningan Bar., Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12710
  • Alamat 2: Jalan Jendral Sudirman Kav. 52-53, Sudirman Central Business District (SCBD) Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12190

Call Center Facebook

Ingin telepon langsung ke customer care Facebook? Sayangnya sampai saat ini Facebook belum memberikan akses ke umum untuk call centernya.

  • Nomor Call Center Facebook: –

Email customer service Facebook

Sedangkan komplain lewat email bisa dilakukan, dan mereka malah memberikan beberapa alamat surel yang spesifik tergantung jenis kasusnya. Manfaatkan sebaik-baiknya.

  • Alamat email dukungan umum: [email protected]
  • Alamat email dukungan akun yang terblokir/nonaktif: [email protected]
  • Alamat email sanggahan kasus: [email protected]
  • Alamat email dukungan transaksi finansial: [email protected].facebook.com
  • Alamat email pelaporan pelecehan: [email protected]

Tapi, Facebook sendiri menyatakan setiap laporan atau keluhan yang masuk belum tentu dibalas. Jadi gunakan sebagai solusi alternatif saja.

Livechat Facebook

Untuk sistem Facebook Ads kita dapat akses untuk livechat dengan agen csnya. Jadi untuk pengguna biasa tidak bisa memakai ini. Perbedaannya terlihat karena dengan memasang iklan dalam Facebook, Instagram maupun WhatsApp kita sudah membayarnya.

  • Link livechat Facebook Ads: https://www.facebook.com/business/form/chat

Hanya tersedia saat hari dan jam kerja.

Sistem komplain di Facebook

Untuk pengaduan secara umum dalam akun Facebooknya maka anda bisa menggunakan tombol lapor yang tersemat pada setiap konten yang muncul. Seperti postingan, story, gambar, video dan sebagainya.

Tapi secara manual bisa dicek pada link berikut:

  • Kotak Masuk Dukungan: https://www.facebook.com/support/
  • Melaporkan Sesuatu: https://www.facebook.com/help/448016908560157
  • Komunitas Bantuan: https://www.facebook.com/help/community/

Pengaduan lewat media sosial

Mungkin terlihat konyol, tapi akun-akun media sosial Facebook pada layanan lain itu bisa digunakan untuk bertanya maupun komplain. Bahkan bisa lebih cepat tanggapannya.

  • Twitter: https://twitter.com/facebook
  • Instagram: https://www.instagram.com/facebook/
  • Facebook: https://www.facebook.com/facebook
  • Facebook App Indonesia: https://www.facebook.com/facebookappIndonesia/

Silahkan kirim pesan langsung ke inbox atau buat posting publik dengan mention nama user mereka. Dianjurkan yang pertama dan kalau terpaksa yang kedua.

Bagaimana cara menghubungi pihak Facebook lewat email?

Email untuk dukungan umum Facebook: [email protected]
Email untuk dukungan akun yang non aktif atau terblokir: [email protected]
Gunakan Email bagi masukkan kasus di Facebook: [email protected]
Email untuk dukungan finansial atau transaksi: [email protected]

Bagaimana cara komplain ke Facebook?

Pengalaman browser seluler klasik.
Ketuk di kanan atas Facebook..
Gulir ke bawah dan pilih Laporkan Masalah..
Pilih produk Facebook yang bermasalah..
Jelaskan masalah Anda di kotak teks, termasuk langkah-langkah yang menyebabkan masalah ini..
Lampirkan cuplikan layar (opsional)..
Ketuk Kirim..

Apa yang terjadi jika akun Facebook di laporkan?

Kecuali Anda melaporkan insiden pelanggaran kekayaan intelektual, laporan Anda akan tetap dirahasiakan dan akun yang Anda laporkan tidak akan bisa melihat siapa yang melaporkan mereka. Perlu diingat, tidak ada jaminan bahwa sesuatu yang dilaporkan ke Facebook akan dihapus.

Bagaimana cara membuka akun Facebook yang tidak bisa dibuka?

Memulihkan akun Facebook jika Anda tidak bisa login..
Buka halaman Cari Akun Anda di facebook.com/login/identify dan ikuti petunjuknya. ... .
Cari akun yang ingin Anda pulihkan. ... .
Ikuti langkah-langkah di layar untuk mereset kata sandi akun Anda..