Cara membuat pesan siaran di wa

Di aplikasi whatsapp terdapat fasilitas yang bisa sahabat gunakan untuk mengirimkan satu pesan kesemua teman yang berada di kontak sahabat. Fasilitas tersebut dinamakan dengan Broadcast atau pesan siaran. Untuk mengirimkan pesan siar, sahabat bisa mengunakan aplikasi Wa di android dan iPhone. Sedangkan untuk melakukan kirim pesan siaran dengan menggunakan Whatsapp web hingga tulisan ini saya buat belum bisa dilakukan. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial untuk mengirimkan pesan broadcast WA menggunakan HP android.


Cara Broadcast WA di Android

Untuk melakukan pesan siaran menggunakan aplikasi whatsapp di android cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

#1 Buka aplikasi whatsapp sahabat melalui smartphone sahabat, selanjutnya pilih option yang berada di kanan atas dengan logo tanda titik 3 (seperti gambar yang dilingkari di bawah ini).

 

#2 Selanjutnya pilih New Broadcast


#3 Pilih kontak yang akan sahabat kirimi pesan siaran (broadcast). Setelah dipilih, selanjutnya pilih tanda centang yang berada di pojok kanan bawah.


#4 Langkah terakhir adalah ketik pesan yang akan sahabat kirimi pesan broadcast, kemudian kirim, maka pesan siaran sahabat sudah terkirim ke kontak yang sahabat pilih tadi.


Dengan memanfaatkan pesan siaran di Whatsapp bisa membuat sahabat lebih cepat dan mudah dalam mengirimkan pesan kepada teman-teman sahabat yang akan diberi informasi. Setelah pertama kali sahabat kirim pesan broadcast, daftar nama yang sahabat kirimi pesan tadi tetap tersimpan di halaman percakapan WA sahabat. Dengan demikian maka sahabat bila ingin mengirimkan lagi pesan siaran ke nomor-nomor kontak tadi, tinggal langsung kirim pesan tanpa harus melakukan langkah-langkah awal tadi.


Dengan banyaknya pengguna aplikasi whatsapp yang sudah mencapai lebih dari satu milyar orang, maka dengan aplikasi ini sahabat bisa manfaatkan untuk membuat grup seperti grup untuk keluarga, teman sekolah, teman kerja, dan masih banyak lagi. Bila sahabat ingin manfaatkan untuk bisnis, tentu saja sahabat perlu memanfaatkan pesan siaran atau pesan broadcast untuk mengisrim pesan secara masal ke rekan-rekan bisnis sahabat. Semoga membantu dan bermanfaat… 

KOMPAS.com - Mengirim pesan dengan topik yang sama ke beberapa kontak secara satu per satu memang melelahkan. Pengguna harus memilih daftar kontak dan melakukan langkah yang sama berulang kali.

Solusi yang tepat untuk mengirim pesan ke banyak kontak sekaligus adalah menggunakan broadcast. Sebagai salah satu platform pesan instan populer di dunia, WhatsApp juga memiliki fitur tersebut.

Dengan mengirim broadcast WhatsApp ke banyak kontak, pengguna dapat menghemat waktu untuk mengirim pesan. 

Biasanya broadcast WA dilakukan oleh pemilik bisnis maupun komunitas tertentu untuk menyiarkan pesan promosi, informasi bisnis, atau campaign tertentu kepada target audiens mereka.

Baca juga: Cara Membuat Tulisan Terbalik di WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Lantas bagaimana cara mengirim broadcast WA dengan mudah? Berikut ini KompasTekno rangkum langkah-langkahnya.

Cara mengirim broadcast WhatsApp

  • Buka WhatsApp Anda
  • Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas
  • Pilih “New broadcast”
  • Pilih kontak tujuan untuk broadcast
  • Setelah selesai memilih, klik centang di pojok kanan bawah
  • Nantinya WhatsApp broadcast yang dibuat akan menampilkan ruang obrolan khusus broadcast
  • Ketik pesan broadcast di chat room dan klik ikon “kirim”

Cara mengubah kontak dan informasi broadcast WA

Pengguna juga dapat mengubah kontak, informasi, maupun menghapus kontak penerima WA broadcast. Berikut ini langkah-langkahnya.
  • Buka chat room WhatsApp broadcast Anda
  • Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas
  • Pilih “Broadcast list info”
  • Untuk mengubah nama broadcast klik ikon titik tiga di kanan atas, pilih “Change broadcast list name”
  • Untuk menambahkan kontak broadcast, pilih “Edit recipients” yang terletak di atas daftar kontak broadcast Anda
  • Untuk menghapus daftar kontak broadcast, pilih “Delete broadcast list” yang terletak di bawah daftar kontak broadcast Anda

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Ganti Bahasa dalam Aplikasi

Cara menghapus broadcast WA

Jika dirasa Anda sudah tidak akan mengirim pesan siaran ke daftar kontak tersebut, Anda dapat menghapus daftar kontak untuk broadcast WhatsApp. Berikut ini caranya:

  • Tekan beberapa detik WA broadcast yang Anda buat
  • Nantinya akan muncul beberapa ikon instruksi di pojok kanan atas
  • Pilih “Delete/Hapus” untuk menghapus daftar siaran Anda

Adapun secara sekilas broadcast WhatsApp dan grup WhatsApp memiliki tampilan dan fungsi yang sama yaitu menyiarkan pesan yang sama kepada banyak kontak.

Namun, perbedaan broadcast WhatsApp dan WhatsApp grup terletak pada penerima pesan.

Penerima pesan di WhatsApp grup akan mengetahui pesan yang sama dan daftar kontak lain yang menerima pesan tersebut. Daftar kontak juga dapat saling berinteraksi satu sama lain. 

Berbeda dengan broadcast WhatsApp, di mana daftar kontak yang tercantum akan menerima pesan Anda secara individu.

Artinya, penerima tidak dapat melihat daftar kontak lain yang juga menerima pesan yang sama.

Baca juga: Instagram dan Facebook Diblokir tapi WhatsApp Tidak, Rusia Tidak Berani?

Ketika pengguna membalas broadcast WA, pesan yang dikirim akan ditampilkan sebagai pesan individual di layar obrolan Anda.

Sebagai informasi, WhatsApp broadcast memiliki batasan penerima broadcast yaitu hanya dapat mengirim ke 256 kontak atau penerima saja. 

Selain itu kontak yang dapat menerima pesan broadcast adalah kontak yang telah menyimpan nomor WhatsApp Anda.

Jika kontak tidak menyimpan njomor WA Anda, maka pesan broadcast tidak dapat diterima. Itulah cara membuat broadcast di WhatsApp. Semoga membantu.

Bagaimana cara membuat pesan siaran di WhatsApp?

Mengirimkan Pesan Broadcast WhatsApp Melalui Android Buka aplikasi WhatsApp, lalu pada laman chat klik ikon titik tiga pada bagian kanan atas. Pilih opsi 'New Broadcast' atau 'Siaran baru'. Setelah itu, pilih kontak yang ingin dikirimi pesan broadcast dengan batas maksimal 256 kontak. Lalu, klik ikon centang.

Bagaimana cara membuat pesan siaran?

Mengirimkan Pesan Siaran WhatsApp Melalui Android Buka aplikasi WhatsApp. Klik ikon titik tiga pada bagian kanan atas. Pilih opsi “New Broadcast” atau “Siaran baru” Pilih daftar siaran atau kontak yang akan Anda kirimi pesan siaran maksimal 256 kontak.

Pesan siaran WA Untuk apa?

Fitur Daftar Siaran memungkinkan Anda untuk mengirim pesan atau media ke beberapa kontak sekaligus. Pesan siaran akan tampil seperti layaknya pesan yang dikirim secara individual dari Anda.

Pesan siaran WA minimal berapa?

Pilih Kontak yang Akan Dikirim Pesan Selanjutnya, pilih kontak (minimal dua orang) yang ingin Anda kirimkan pesan broadcast.