Cara memperbaiki karet sepatu yang mati

Cara efektif untuk mengatasi sol sepatu atau sandal yang licin ialah dengan mengikisnya. Coba gesekkan sepatumu pada permukaan yang kasar, seperti aspal atau jalanan yang berkerikil. Namun kamu perlu hati-hati ketika mencoba cara ini, jangan sampai terlalu berlebihan dan merusak sol sepatumu sendiri.

2. Gunakan amplas untuk membuat sol sepatu menjadi lebih kasar

onecrazyhouse.com

Selain itu, kamu juga bisa mengikis sol sepatu yang licin dengan menggunakan amplas. Gosokkan amplas pada bagian sol sepatu yang paling banyak bersentuhan dengan lantai. Lakukan sampai permukaan sol sepatu terasa lebih kasar.

3. Bisa juga pakai pengikir kuku

more.com

Nggak cuma untuk mempercantik kuku, ternyata pengikir kuku juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sol sepatu yang licin. Sama seperti amplas, cukup gosokkan pengikir kuku ke bagian sol sepatu yang licin. Sebaiknya gunakan pengikir kuku yang terbuat dari besi karena hasilnya akan lebih efektif.

4. Tempelkan grip pad pada sol sepatu

dyeableshoestore.com

Kalau kamu nggak mau ribet, kamu bisa beli karet grip pad untuk mengatasi sol sepatu yang licin. Cukup tempelkan di bagian atas dan bawah sol sepatu. Permukaan grip pad akan menambah daya cengkeram sepatu sehingga bagian bawah sol sepatu tidak akan terasa licin.

5. Plester untuk luka juga bisa diandalkan

wisegeek.com

Butuh yang cepat, pakai plester juga nggak jadi masalah. Sama seperti grip pad, cukup tempelkan 1-2 plester pada permukaan sol sepatu yang banyak bersentuhan dengan lantai. Plester dapat membuat permukaan sepatu lebih kasar dan tentunya mengurangi resiko terpeleset. Sebaiknya pilih warna plester yang senada dengan warna sepatumu supaya tidak terlalu kelihatan.

6. Semprotkan hair spray pada permukaan sol sepatu

hips.hearstapps.com

Ternyata hair spray juga bisa dimanfaatkan untuk atasi sol sepatu yang licin, lho. Hair spray terbukti efektif untuk menahan permukaan yang licin. Semprotkan hair spray sebanyak mungkin pada permukaan sol sepatu. Sol sepatu yang licin akan menjadi lebih lengket.

7. Segera ganti sol sepatu yang sudah terlalu tipis ke tempat reparasi sepatu

teenvogue.com

Jangan ambil risiko jika sol sepatu dan sandalmu sudah terlampau tipis dan licin. Sebaiknya segera ganti sol sepatu di tempat reparasi sepatu. Pilih sol sepatu baru dengan permukaan yang bergerigi, sehingga nggak perlu khawatir terpeleset. Sepatu kamu pastinya akan lebih nyaman dipakai.

CewekBanget.ID - Sepatu model apapun, entah itu sneakers, flat shoes, hingga heels, kalau licin bakalan membuat kita jadi enggak nyaman dan gampang terpeleset!

Enggak mungkin kita harus membuang sepatu tiap kali licin sedikit.

Makanya, coba gunakan 6 trik ini biar sepatu kita enggak bakalan licin lagi, deh!

Baca Juga : Keren! 5 Sepatu Skechers di Bawah 1 Juta di Planet Sports Grand Indonesia yang Cocok Buat Hangout!

Amplas

Amplas untuk sepatu yang licin

Amplas untuk sepatu yang licin

Amplas memang dikenal untuk membuat permukaan jadi lebih halus. Namun ini enggak berlaku buat sepatu kita, karena sol sepatu bakalan jadi kasar dengan amplas!

Gosokkan aja amplas berkali-kali ke sol sepatu kita sambil terasa kasar. Sepatu enggak bakalan licin lagi, deh!

Kikiran kuku

kikiran kuku untuk sol sepatu licin

kikiran kuku untuk sol sepatu licin

Kalau enggak punya amplas, kita bisa pakai kikiran kuku kok!

Kikiran kuku punya permukaan yang sama kasarnya dengan amplas, sehingga bisa kita gunakan untuk menggosok sol sepatu yang sudah licin.

Lem

lem tembak untuk sol sepatu licin

lem tembak untuk sol sepatu licin

Lem juga bisa membuat sepatu kita jadi enggak licin lagi. 

Setelah diaplikasikan, lem yang mengering bakalan menjad timbul. Oleh karena itu kita bisa menjadikan sepatu kita jadi anti-slip berkat lem!

Kita bisa pakai lem biasa hingga lem tembak!

Baca Juga : Kepoin 5 Gaya Anak Komedian Sule, Putri Delina dengan 1 Model Heels!

Parutan

parutan keju untuk sol sepatu licin

parutan keju untuk sol sepatu licin

Kita pasti punya parutan keju di rumah kan? Parutan tersebut bisa kita gunakan untuk membuat bagian sol sepatu jadi kasar banget!

Tapi ingat, pastikan parutan tersebut benar-benar bersih sebelum dipakai untuk memarut makanan, ya!

Plester

Plester luka

Plester punya permukaan yang kasar, sehingga enggak bakalan membuat kita terpeleset saat memakai sepatu yang licin. Kita bahkan bisa memakai plester luka yang banyak dijual di pasaran, lho!

Caranya, tempelkan 1-2 buah plester luka pada sol sepatu kita. Fokuskan pada bagian yang super licin.

Sayangnya, cara ini cuma berlaku sementara aja atau setidaknya sehari pakai. Ada baiknya kita segera mengganti sol sepatu atau bahkan mengganti sepatu tersebut kalau solnya sudah sangat licin.

Hair spray

hair spray untuk sol sepatu licin

hair spray untuk sol sepatu licin

Enggak cuma buat rambut, hair spray juga bisa membuat sol sepatu licin kita jadi enggak licin lagi.

Ini bisa terjadi karena setelah disemprotkan ke sol sepatu, hair spray akan mengering dan membuat lengket. Jadi begitu kita berjalan, kita enggak bakal gampang terpeleset, deh.

Sama seperti plaster, cara ini hanya bisa membuat sol sepatu kita enggak licin untuk sementara waktu, ya!

Kenapa karet bisa mengeras?

Karet alami akan mengeras dan rusak akibat reaksi kimia yang ditimbulkan panas, minyak, atau bahkan sekadar oksigen. Dengan demikian, membatasi paparan panas, minyak, dan oksigen terhadap karet merupakan salah satu cara untuk menunda pengerasannya.

Apakah sandal karet bisa di Sol?

Karet dipilih sebagai pilihan utama untuk sol sepatu / sandal dibandingkan dengan bahan lain yang juga ada digunakan seperti PVC, TPR atau EVA karena : Lebih mencengkram dan aman, walaupun ditempat yang basah dan licin.

Apakah bisa mengganti sol sepatu?

Ada baiknya segera untuk mengganti sepatu Anda jika sol sepatu yang Anda gunakan dirasa sudah rusak. Namun Anda juga dapat mengganti sol sepatu dengan menggunakan swap sol yang sesuai. Dalam pemilihan swap sol sepatu itu sangat krusial.

Bagaimana caranya agar sepatu tidak licin?

Ini cara mengatasi sol sepatu dan sandal yang licin.
Gesekkan sol sepatu pada permukaan yang kasar. ... .
Pasangkan karet grip pada sol sepatu. ... .
3. Semprotkan hairspray pada permukaan sol. ... .
4. Biarkan sol menjadi kasar seiring pemakaian. ... .
Ganti sol ke tempat reparasi sepatu. ... .
6. Gunakan kikir kuku untuk membuat sol sepatu lebih kasar..