Cara Memutihkan gigi kuning dengan apa?

Para ahli sering menyarankan konsumsi buah dan sayuran dengan kadar air yang tinggisebab selain sehat bagi tubuh, juga baik bagi kesehatan gigi. Ini karena kandungan air yang ampuh membersihkan gigi dan gusi dari risiko plak dan bakteri yang bisa menyebabkan gigi terlihat kuning.

Dengan rajin mengkonsumsi dan mengunyah buah dan sayuran yang kaya air, produksi liur akan meningkat sehingga bisa membantu mendorong sisa-sisa makanan di dalam gigi. Beberapa buah yang bisa dicoba sebagai cara agar gigi putih secara alami antara lain :

stroberi, nenas, wortel, seledri dan sejenisnya. Pastinya buah dan sayuran yang kaya air juga lezat dan menjaga hidrasi tubuh. Jadi, pastikan kamu mengonsumsi buah dan sayuran tersebut sebagai upaya memutihkan gigi yang manfaatnya luar biasa buat kesehatanmu.

Gigi putih sempurna memang impian setiap orang, dan dibutuhkan upaya berkelanjutan agar penampilan gigi terlihat putih berkilau dan bikin pede. Langsung praktekkan cara agar gigi putih secara alami ini dan pastikan juga menghindari makanan atau minuman yang bisa menyebabkan perubahan warna gigi yah. Tak lupa, sediakan juga pasta gigi Close Upyang sudah diformulasikan untuk memutihkan gigi, praktis dan diperkuat kandungan yang sudah terbukti memutihkan gigi.

Reference

● health.kompas.com/read/2020/08/02/103400268/6-bahan-alami-untuk-memutihkan-gigi-dan-cara-penggunaannya?page=all

● close-up.com/id/artikel/tips-memutihkan-gigi.html

● gaya.tempo.co/read/1517898/tips-membuat-gigi-putih-alami-dengan-bahan-yang-ada-di-rumah/full&view=ok

Lemon juga termasuk salah satu bahan alami yang sering diberitakan dapat memutihkan gigi. Ada yang menggunakan lemon untuk menyikat gigi dan juga berkumur dengan jus lemon.

Lemon memiliki pH atau tingkat keasaman 2,3. Semakin rendah pH, maka sifatnya semakin asam. Tingkat pH yang terlalu rendah dapat merusak gigi dengan menyebabkan kalsium di dalam gigi larut yang kemudian memberikan warna seperti putih kapur. 

Hal inilah yang membuat orang merasa tampilan giginya lebih putih saat pakai lemon, padahal gigi tersebut mulai mengalami kerusakan.

Di dalam jurnal International Journal of Current Research, ada penelitian yang membuktikan bahwa lemon dapat memutihkan gigi yaitu dengan cara menggosokkannya ke gigi selama 1 menit dan merendam gigi selama 6 jam dalam jus lemon. 

Namun, penelitian tersebut dilakukan pada spesimen gigi, tidak langsung pada manusia, sehingga efek samping dari penggunaan lemon seperti gigi ngilu, keropos dan rapuh tidak dapat diteliti. 

Jika Anda ingin mencoba menggunakan lemon maka penggunaannya tidak boleh lebih dari dua kali seminggu. Jika berlebihan, aktivitas tersebut bisa membuat gigi keropos dan rusak. 

“Memang ada banyak cara untuk memutihkan gigi, tetapi bisa saja kamu tidak tahu keampuhan dan keamanannya untuk mulut dan gigi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk hal ini, seperti menggunakan soda kue atau arang.”

Halodoc, Jakarta – Gigi yang putih adalah keinginan semua orang agar terlihat lebih bersih. Namun, terkadang keinginan belum tentu tercapai dengan mudah dan gigi masih saja berwarna kuning. Jika kamu benar-benar ingin, ada beberapa cara untuk memutihkan gigi yang bisa dilakukan dan metodenya alami. Ketahui selengkapnya di sini!

Beberapa Cara Memutihkan Gigi dengan Alami

Perubahan warna gigi mungkin tidak terlihat dengan jelas dan terjadi secara bertahap. Dengan begitu, warna kuning pada gigi mungkin tidak terelakan, terlebih dengan usia yang terus bertambah. Hal ini terjadi saat enamel luar yang menipis, sehingga lapisan keduanya menjadi terlihat lebih jelas.

Baca juga: 6 Kiat Mudah Memutihkan Gigi yang Perlu Diketahui

Ada banyak cara untuk memutihkan gigi, baik dengan metode alami atau bantuan medis. Cara paling mudah memang dengan metode alami yang bisa dilakukan di rumah. Namun, berhati-hati dengan beberapa bahan yang bisa mengikis email gigi terlalu banyak sehingga menimbulkan risiko berbahaya pada gigi dan mulut.

Memang, cara paling utama untuk mengatasi warna kuning pada gigi adalah dengan rutin menyikatnya dengan pasta gigi. Namun, beberapa kebiasaan buruk seperti merokok atau minum kopi akan sulit untuk membuat gigi tetap putih. Maka dari itu, kamu bisa mencoba beberapa cara untuk memutihkan gigi secara alami. Berikut beberapa caranya:

1. Soda Kue

Cara pertama untuk memutihkan gigi secara alami adalah dengan menggunakan soda kue yang biasanya ditambahkan hidrogen peroksida. Metode ini dipercaya mampu menghilangkan penumpukan plak dan bakteri untuk menghilangkan noda. Lalu, bagaimana cara penggunaannya pada gigi?

Campurkan 1 sendok makan soda kue dengan 2 sendok makan hidrogen peroksida hingga membentuk pasta. Sikat seluruh gigi dengan pasta ini dan bilas mulut secara menyeluruh dengan air setelahnya.

Memang metode ini sudah terbukti efektif dan aman untuk dilakukan sebagai cara untuk menghilangkan warna kuning di gigi. Kamu bisa menerapkannya setiap hari hingga merasa warna gigi benar-benar putih sesuai dengan harapan.

Baca juga: 5 Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan-Bahan di Rumah

2. Cuka Sari Apel

Metode lainnya yang bisa diterapkan sebagai cara untuk memutihkan gigi adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Penelitian pada 2014 telah membuktikan jika cuka apel memiliki efek pemutihan yang baik pada gigi sapi. Berikut cara penggunaannya:

Buat obat kumur dengan mencampurkan 2 sendok teh cuka sari apel dengan 170 gram air. Kumur larutan tersebut selama 30 detik dan bilas dengan air serta sikat gigi setelahnya.

Namun, kamu juga perlu memperhatikan jika cara ini memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan pada kekerasan dan struktur permukaan gigi. Maka dari itu, disarankan untuk menggunakannya hanya dalam waktu yang singkat.

3. Arang

Penggunaan arang untuk menghilangkan noda pada gigi sudah dilakukan sejak dahulu kala. Cara ini memang sudah terbukti ampuh untuk memutihkan gigi. Arang dapat menghilangkan pigmen dan noda dari gigi karena daya serapnya yang tinggi. Bahkan arang juga mampu menyingkirkan bakteri dan racun di dalam mulut.

Ada dua cara untuk metode ini. Pertama, gunakan pasta gigi yang mengandung arang aktif yang dipercaya mampu memutihkan gigi. Kedua, kamu bisa membeli arang aktif untuk memutihkan gigi dengan menyikatkan langsung pada gigi.

Kamu bisa menyikatnya dengan lembut hingga membentuk lingkaran kecil selama 2 menit. Hindari terkena gusi karena dapat menjadi abrasif.

Jika kamu memiliki gigi yang sensitif atau tidak ingin mengalami abrasif akibat penggunaan arang, cobalah untuk mengoleskannya saja pada gigi. Setelah itu, biarkan selama 2 menit dan bersihkan dari gigi.

Baca juga: Sebelum Memutihkan Gigi, Perhatikan Dulu Hal Ini

Itulah beberapa cara memutihkan gigi dengan alami agar kepercayaan diri kembali dan senyuman kembali menjadi indah. Gigi yang sudah kuning dalam waktu yang lama mungkin membutuhkan metode pembersihan yang lebih lama dan/atau cara yang lebih intens agar kembali putih. Jika percobaan beberapa kali masih tidak membuahkan hasil, ada baiknya segera menemui dokter gigi.

Kamu bisa menemui dokter gigi secara langsung di beberapa rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc. Jika tidak memungkinkan, interaksi dengan ahli medis juga bisa dilakukan melalui online dengan fitur Chat atau Voice/Video Call. Nikmati semua kemudahan ini dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Cara memutihkan gigi kuning pakai apa?

11 cara memutihkan gigi kuning secara alami.
Pasta gigi dengan kandungan soda kue dan hidrogen peroksida. Soda kue. ... .
Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. ... .
3. Jeruk nipis. ... .
4. Cuka apel. ... .
Minyak kelapa. ... .
6. Nanas. ... .
7. Cukupi kebutuhan kalsium. ... .
Makanan berserat tinggi..

Biar gigi cepat putih pakai apa?

Ada banyak cara memutihkan gigi yang bisa dicoba, termasuk beberapa bahan yang mudah ditemukan di rumah, berikut ini:.
Baking Soda. Baking soda memiliki khasiat pemutih alami, sehingga sering dijadikan bahan dalam produk pasta gigi. ... .
Buah Stroberi. Buah stroberi bisa memutihkan gigi? ... .
Minyak Kelapa. ... .
Bubuk Kunyit. ... .
Arang Aktif..

Apa gigi kuning bisa putih kembali?

Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir, sebab gigi kuning bisa kembali putih dengan berbagai metode perawatan yang dapat dilakukan dokter gigi. Gigi mempunyai pori-pori seperti kulit manusia, tetapi tidak dapat terlihat oleh mata.