Cara Mengatasi aplikasi tidak dapat diinstal

Ilustrasi Cara mengatasi aplikasi tidak terinstal di ponsel Android. Foto: Pexels.com

Cara mengatasi aplikasi tidak terinstal di ponsel Android bisa dilakukan dengan praktis. Bahkan kamu dapat melakukannya tanpa perlu mengunduh aplikasi bantuan lainnya.

Kamu juga dapat mengatasi apliasi yang tak terpasang melalui menu pengaturan yang ada di dalam ponsel Android. Bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terinstal

Sebelum melakukan cara ini, kamu perlu memastikan aplikasi sudah terunduh di ponsel Android.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terinstal di Ponsel Android

Berikut ini cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di ponsel Android yang dapat kamu lakukan:

1. Buka menu pengaturan

Buka menu ‘Pengaturan’ di ponsel Android.

2. Cari menu ‘Unknown Resource’

Cari menu ‘Unknown Resource’ melalui kolom pencarian.

3. Cari aplikasi yang ingin dipasang

Cari aplikasi yang ingin dipasang (install) dan klik pada bagian ‘Allow from this source’.

4. Kunjungi menu aplikasi di pengaturan

Cari ulang pengaturan aplikasi yang ingin dipasang tersebut.

5. Pilih menu ‘Permissions’ pada pengaturan aplikasi

Jika pengaturan aplikasi sudah terbuka, pilih menu ‘Permissions’ dan lihat daftar perizinan aplikasi.

6. Klik menu ‘Allowed’

Pilih menu ‘Allowed’ supaya aplikasi dapat terpasang dan dapat digunakan pada ponsel Android.

7. Selesai

Kamu telah berhasil memasang ulang aplikasi di ponsel Android.

Penyebab Aplikasi Tidak Terinstal di Ponsel Android

Ilustrasi mengatasi aplikasi tidak terinstal di ponsel Android. Foto: Pexels.com

Setelah memahami cara mengatasi aplikasi tidak terinstal di ponsel Android, kamu juga perlu mengetahui penyebabnya. Hal ini bertujuan supaya kamu dapat mencegah kondisi serupa di kemudian hari. Berikut ini penyebab aplikasi tidak terpasang di ponsel Android:

1. Aplikasi tidak kompatibel

Secara umum, sebuah aplikasi tidak dapat terpasang karena tidak sesuai dengan sistem ponsel yang digunakan (kompatibel). Oleh sebab itu, kamu perlu memperhatikan spesifikasi minimum sebelum memasangnya ke ponsel.

2. Ruang penyimpanan tidak cukup

Minimnya ruang penyimpanan juga menyebabkan aplikasi tidak terpasang. Jika ruang penyimpanan pada ponsel kurang, aplikasi tak akan dapat memasang beberapa berkas dari paket aplikasi yang seharusnya. Dengan begitu, aplikasi tak bisa dipasang dan dipakai seperti biasanya.

3. Izin sistem tidak memadai

Izin sistem di dalam ponsel juga cenderung akan menimbulkan masalah serupa. Hal itu dapat menyebabkan kesalahan pada pembacaan kode yang tidak dikenal selama aplikasi diunduh di dalam ponsel.

APK adalah paket aplikasi Android (Android Package) yang umumnya digunakan untuk menyimpan sebuah aplikasi yang akan digunakan pada perangkat Android.

Jika kamu tidak mengunduh aplikasi secara resmi, secara otomatis file APK tersebut tidak mendapat pembaruan. Hal itu menyebabkan aplikasi menjadi tidak dapat dipasang dan dijalankan pada ponsel Android.

5. Lokasi instalasi salah

Penyebab lainnya aplikasi tak terpasang pada ponsel Android adalah lokasi pemasangan yang salah. Secara umum ponsel memiliki dua memori penyimpanan, yaitu memori internal dan eksternal.

Biasanya aplikasi tidak bisa terpasang karena aplikasi tersebut masuk ke memori eksternal dan tidak terbaca oleh memori internal. Sebab itu, kamu dapat memindahkan tempat penyimpanan aplikasi tersebut di memori internal.

Saat ini, sebagian besar pengembang aplikasi sudah memberikan kemudahan dalam proses instalasi. Jadi, saya yakin kalau Anda semua sudah bisa menginstall aplikasi di laptop maupun komputer. Bukankah begitu?

Yang jadi masalah, terkadang proses instalasi tidak berjalan dengan mulus. Ada kalanya kita menemukan suatu permasalahan yang tidak terduga. Salah satunya adalah aplikasi yang tidak bisa diinstall.

Tapi tenang, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara yang bisa untuk mengatasi masalah tersebut. Sebagai pelengkap, akan saya sertakan juga beberapa penyebab aplikasi tidak bisa diinstall.

Daftar Isi
  1. Penyebab Aplikasi Tidak Bisa Diinstall
  2. Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Diinstall
    1. Mengaktifkan Compability Mode
    2. Cari Software Terbaru
    3. Install NET Framework Terbaru
    4. Install Komponen Pendukung

Sebenarnya, ada banyak sekali penyebab aplikasi tidak bisa diinstall di komputer ataupun laptop. Namun, saya hanya memaparkan penyebab yang saya ketahui saja.

Berikut ini adalah penyebab aplikasi tidak bisa diinstall:

Aplikasi Tidak Compatible

Kompabilitas adalah salah satu hal yang harus diperhatikan ketika hendak menginstall aplikasi. Sebab, ketika aplikasi tidak compatible dengan komputer Anda, maka ada kemungkinan terjadi kegagalan saat instalasi.

Sebagai contoh, sebelumnya Anda pernah menginstall aplikasi di Windows 7 dan berjalan dengan lancar. Sedangkan ketika diinstall di Windows 10, aplikasi tersebut malah tidak bisa diinstall.

Nah, dari contoh tersebut, ada kemungkinan aplikasi yang Anda install tidak kompatibel dengan OS terbaru yang digunakan, yaitu Windows 10.

Software Tidak Cocok

Tidak cocok yang saya maksud adalah spesifikasi yang dibutuhkan software tidak terdapat pada komputer. Sebagai contoh, Anda mengunduh aplikasi 64 bit, sedangkan sistem operasi Anda masih menggunakan arsitektur 32 bit.

Jadi, sebelum Anda mengunduh aplikasi untuk diinstall, alangkah baiknya mengetahui arsitektur yang digunakan laptop Anda terlebih dahulu. Silahkan baca Cara Mengetahui Bit pada Laptop.

Aplikasi Belum Update

Terkadang, aplikasi versi lawas memang tidak support dengan OS terbaru. Sebagai contoh: Saat ini, CorelDraw x4 sudah tidak support lagi dengan Windows 10, bisa terbilang malah tidak bisa diinstall di Windows 10.

Contoh di atas pernah saya alami sendiri ketika baru update dari Windows 7 ke Windows 10. Aplikasi CorelDraw x4 yang sebelumnya lancar, mendadak error ketika digunakan pada Windows 10.

NET Framework Lawas

Saat ini, ada beberapa aplikasi yang membutuhkan NET Framework versi terbaru. Jadi, ketika Anda ingin menginstall aplikasi yang membutuhkan NET Framework versi 4.5, sedangkan NET Framework Anda masih versi lawas, maka sangat wajar kalau aplikasi tersebut tidak bisa diinstall.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Diinstall

Setelah mengetahui penyebab aplikasi tidak diinstall, dibawah ini akan saya paparkan beberapa cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa diinstall di komputer:

Mengaktifkan Compability Mode

Jika ternyata aplikasi yang ingin kita install tidak compatible dengan sistem operasi yang digunakan, maka yang harus dilakukan adalah mengaktifkan compability mode.

Berikut adalah langkah mengaktifkan compability mode di Windows:

  1. Klik kanan pada aplikasi yang akan diinstall lalu pilih Properties.
  2. Klik tab Compability, pada Compability Mode silahkan dicentang.
  3. Pilih sistem operasi yang Compatible dengan aplikasi yang akan diinstall (disarankan pilih Windows 7).
  4. Klik Apply lalu Ok.

Cari Software Terbaru

Seperti yang saya bahas di atas, software yang sudah lawas kemungkinan besar tidak bisa diinstall di sistem operasi terbaru. Untuk itu, silahkan Anda unduh versi aplikasi yang terbaru. Cara mengunduh aplikasi yang terbaru sangat mudah, Anda hanya perlu mengunjungi situs resmi dari aplikasi tersebut.

Selain itu, pastikan juga mengunduh aplikasi yang cocok dengan sistem operasi. Jika sistem operasi Anda menggunakan arsitektur 32 bit, maka unduh aplikasi 32 bit. Jika sistem operasi Anda 64 bit, Anda bebas mau mengunduh aplikasi 32 bit ataupun 64 bit.

Install NET Framework Terbaru

NET Framework juga memiliki peran penting dalam aplikasi. Oleh karena itu, alangkah baiknya Anda menginstall NET Framework dengan versi terbaru. Untuk Anda yang belum bisa, tenang saja, akan saya berikan panduannya.

Oh ya, untuk menginstall NET Framework, komputer ataupun laptop Anda harus terkoneksi ke internet. Anda bisa menggunakan WiFi ataupun tethering menggunakan smartphone.

Berikut cara install NET Framework:

  1. Pertama, kunjungi situs NET Framework lalu download aplikasi yang Runtime.
  2. Setelah didownload, buka installer tersebut dengan cara double klik.
  3. Setelah muncul jendela seperti gambar di bawah, centang I have read an accept the license terms lalu klik Install.
  4. Langkah selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu proses instalasi sampai selesai.
  5. Jika sudah selesai, Anda akan diminta untuk melakukan restart. Silahkan klik Restart Now pada jendela yang muncul.
  6. Selesai.

Selain mengatasi aplikasi tidak bisa diinstall, menginstall NET Framework juga cukup ampuh untuk mengatasi error 0xc00007b. Jadi, bisa dikatakan kalau NET Framework memang program penting yang harus ada di Windows.

Install Komponen Pendukung

Ada beberapa komponen pendukung yang biasanya dibutuhkan dalam aplikasi. Komponen-komponen tersebut adalah DirectX, Driver, serta NET Framework. Silahkan bisa Anda unduh terlebih dahulu komponen-komponen tersebut lalu install di komputer Anda.

Itulah beberapa cara mengatasi aplikasi tidak bisa diinstall di komputer ataupun laptop. Mungkin masih sangat banyak cara lain untuk mengatasinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan dapat membantu mengatasi aplikasi komputer tidak bisa diinstall.

Apa penyebab aplikasi tidak bisa diinstal?

Penyebab Android Gagal Install Aplikasi Penyebab umum yang sering terjadi pada pengguna android yakni memori penuh atau tidak terdapat ruang kosong untuk file instalasi. Selain itu, banyak pengguna android yang juga tidak memperhatikan masalah cache atau file sementara.

Bagaimana cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa diinstal?

Cara Mengatasi Aplikasi Android yang Tidak Bisa Diinstall.
Menghapus aplikasi yang tidak digunakan. ... .
Memberikan izin aplikasi. ... .
Membersihkan cache dan data Google Play Store. ... .
Membersihkan cache dari setiap aplikasi. ... .
Merestart ulang android kamu..

Bagaimana cara agar aplikasi bisa terpasang?

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Terpasang di Android.
Buka Setting..
Masuk ke menu Aplikasi..
Cari aplikasi Pemasang Paket..
Buka menu Izin, lalu aktifkan Izin Penyimpanan..
Restart HP seperti biasa, kemudian coba install aplikasinya kembali..

Kenapa saya tidak bisa instal aplikasi di Play Store?

Penyebab Aplikasi Tidak Bisa Diinstal di Play Store Salah satu penyebab tidak bisa instal aplikasi biasanya karena android yang digunakan sudah tua dan memori internalnya tidak cukup. Tapi, bagaimana kalau memorinya masih banyak dan Android yang digunakan juga bukan tipe handphone tua.