Cara menggunakan pupuk hayati cair

Unsurtani.com – Waktu dan cara penggunaan pupuk organik cair yang tepat, jika tidak dipahami dapat berakibat pada menurunnya efektivitas pupuk yang diberikan terhadap pertumbuhan tanaman tersebut. Pupuk organik cair yang berupa produk kemasan, harus diaplikasikan ke tanaman melalui cara penggunaan yang direkomendasikan oleh para ahli pertanian.

Aplikasi pupuk organik cair yang bisa dilakukan dengan dua cara, yakni: dengan cara (i) disiramkan ke media tanam, atau (ii) disemprotkan langsung ke bagian daun.

Disiramkan mempunyai tujuan selain diserap lewat akar juga untuk menghancurkan sisa pupuk kimia dalam tanah, sehingga tanah menjadi gembur kembali. Disemprotkan mempunyai tujuan agar pupuk cepat masuk ke tanaman melalui lubang stomata pada daun sehingga cepat dipergunakan tanaman.

Pemberian baik lewat siraman atau semprotan, semua akan lebih baik jika tidak sekaligus semua dosis diberikan.

  • Oleh I Nengah Andi
  • Tuesday 21/07/2020
  • Kelompok 317, Kelompok, Kelompok

Pengaplikasian Pupuk Organik Cair (POC)

    Pemberian materi berupa cara mengaplikasikan pupuk organik cair dilaksanakan mulai tanggal 20 juli 2020, tepatnya pada pukul 13.00 Wita, kepada masyarakat sasaran KMBD di Banjar Kayukapas, Desa Kintamani., Bangli. Adapun materi yang diberikan adalah berupa materi langsung dalam bentuk chat dan materi berupa video, namun dengan isi yang sama. Materi yang diberikan adalah cara mengaplikasikan pupuk organik cair. Dalam mengaplikasikan pupuk organik cair perlu menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan, yaitu air, POC dan wadah. Dalam mengaplikasikannya POC memerlukan air sebagai bahan pencampurnya, karena POC tidak dapat digunakan secara langsung, adapun pencampuran POC dengan air menggunakan perbandingan 1:10 (Misalnya: 1 liter POC dicampur dengan 10 liter air), setelah dicampur kemudian diaduk secara merata. Jika kedua bahan sudah tercampur dengan merata pupuk siap untuk digunakan.

    Pupuk organik cair ini dapat digunakan dengan cara menyiram secara langsung pada sekitar batang tanaman atau dengan cara mencampur tanah dengan POC terlebih dahulu lalu ditanami tanaman. Kedua cara ii dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Untuk keefektifan dalam menggunakan pupuk organik cair ini dapa digunakan setiap minggu seara rutin. Penggunaan POC ini tidak memiliki efek samping, karena menggunakan bahan alami yang memang diperlukan oleh tumnuhan dan tidak merusak struktu maupun fisik tanah. Berbeda dengan pupuk kimia, jika pupuk kimia digunakan secara terus menerus dapat mengakibatkan rusaknya struktur maupun fisik tanah sehingga tanah tidak akan baik untuk tanaman lagi. Namun jika menggunakan pupuk organik cair ini perlu diperhatikan takaran dan  jadi atau belumnya pupuk organik cair tersebut ketika digunakan. Karena jika takarannya berlebihan atau belum jadi, dapat meningkatkan pH tanah sehingga tanah menjadi lebih asam, dan dapat menyebabkan tumbuhan menjadi layu dan akhirnya akan mati. Sehingga kedua hal tersebut harus diperhatikan agar hasil yang diperoleh maksimal dan sesuai dengan harapan.


Adapun video yang telah dibagikan mengenai cara mengaplikasikan pupuk organik cair dapat dilihat pada link berikut:

https://bit.ly/39avixv

Atau

https://drive.google.com/file/d/1A_wuLJvYQjEmEBxG-4lxrAsoBj_o20NB/view?usp=sharing





Bagikan

  • Facebook
  • Twitter

Tentang Penulis

I Nengah Andi

  • Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Bagikan

Rekomendasi Lainnya

  • Pembuatan Whatsapp Group Masyarakat Sasaran Senin, 6 Juli 2020 membuat WhatsApp (WA) Group dengan masyarakan sasaran. Pembuatan WA Group ini&nbs [...]

  • Pembuatan Grup Diskusi melalui Media Online (Media Sosial) Messengger dan sosialisasi awal KMbD Senin 6 Juli 2020    Pelaksanaan kegiatan KMbD diawali dengan pencarian atau observasi mas [...]

  • Kegiatan awal : Pembuatan grup WhatssApp beserta sosialisasi masyarakat sasaran   Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan guna memberikan informasi kepada masyarakat sasara [...]

  • Kegiatan 1: Pembuatan Grup WhatsApp dan Pengenalan Sistem KKN Kegiatan awal yang dilakukan untuk memudahkan masyarakat sasaran dengan pembuatan grup sekaligus pen [...]

    Kapan waktu yang tepat menggunakan pupuk organik cair?

    Waktu ideal, Pemyemprotan pupuk organik cair yang ideal adalah pagi sekitar pukul 06.00-09.00. saat embung pada daun tanaman sudah mulai agak kering dan sore pukul 16.00-18.00 saat suhu udara sudah mulai agak dingin. Tata cara penyemprotan, Penyemprotan dilakukan merata ke permukaan bawah daun.

    Apa kegunaan pupuk hayati cair?

    Pupuk hayati pemicu pertumbuhan dan pengendali penyakit Pupuk ini mengandung mikroba yang mampu menstimulasi pertumbuhan dan melindungi sistem perakaran tanaman serta meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit.

    Berapa kali pemberian pupuk cair pada tanaman?

    Pemberian pupuk bisa dilakukan dua minggu sekali untuk pupuk tabur. Sedangkan pupuk cair bisa diberikan seminggu sekali. Jangan berikan pupuk setiap hari, ya teman-teman karena akan membuat tanaman cepat rusak hingga mati.

    Berapa hari sekali pemberian pupuk organik cair?

    Interval waktu pemberian pupuk organik cair Enviro di anjurkan yaitu 7-10 hari sekali dengan konsentrasi 1 cc per liter air.