Dokter spesialis saraf mengobati apa saja

Kekayaan yang Paling Utama adalah Kesehatan Tentang Spesialis Saraf Dokter Spesialis Saraf RS Wava Husada yang memiliki kemampuan untuk mendiagnosis, merawat, dan memanejemen pasien yang mengalami kelainan saraf. Dokter Spesialis Syaraf menangani kelainan pada sistem saraf, termasuk pada sistem saraf pusat (otak, batang otak, dan otak kecil), sistem saraf tepi (misalnya saraf otak), dan sistem saraf otonom. Dokter Spesialis Syaraf juga dapat mendiagnosa dan memeriksa beberapa kasus pada sistem otot dan tulang.

Adapun penyakit yang dapat ditangani oleh dokter spesialis saraf adalah:

  • Stroke
  • Epilepsi
  • Tumor sistem saraf
  • Multiple sclerosis
  • Demensia, misalnya pada penyakit Alzheimer
  • Gangguan gerak
  • Myasthenia gravis
  • Infeksi sistem saraf pusat, seperti meningitis, abses otak, dan radang otak (ensefalitis)
  • Gangguan saraf tulang belakang
  • Migrain/sakit kepala parah
  • Neuropati perifer
  • Tremor
  • Penyakit Parkinson
  • Saraf terjepit
  • Nyeri terkait gangguan saraf

*kondisi-kondisi di atas hanya sebagai contoh (bukan merupakan daftar lengkap).

Jadwal Dokter

  • dr. Syafira Hanum, Sp.S., M.Biomed
    Senin dan Selasa : 09.00 – Selesai
  • dr. A. Kiki Kristianto, Sp.S
    Senin – Jumat : 14.30 – Selesai
  • dr. Widodo, Sp.S
    Senin, Selasa & Jumat : 16.00 – Selesai

Dokter

Dokter saraf atau neurologis adalah dokter spesialis yang mendiagnosis dan mengobati masalah yang berkaitan dengan otak dan sistem saraf.

Neurologi merupakan cabang ilmu kedokteran yang mempelajari sistem saraf. Sistem saraf bertanggung jawab dalam mengatur fungsi koordinasi tubuh, mengatur kerja organ tubuh, menerima dan memproses rangsangan fisik (nyeri, sentuhan, dan suhu), menggerakkan tubuh, serta menjalani proses kognitif, seperti berpikir dan mengingat.

Rumah sakit Santa Elisabeth Batam memiliki dokter yang berpengalaman dibidangnya, Seperti :

dr. Herni Koesoemawati, SpS

Jadwal Praktek

Senin s/d sabtu 08.00-09.30 Wib

Lanjut pendaftaran

dr. Helda Juliani Siahaan, Sp.N

Jadwal Praktek

Senin, Rabu, Jumat 16.00-18.30 Wib

Selasa dan Kamis 18.30 s/d 20.30 Wib

Lanjut pendaftaran

Dokter spesialis yang menangani gangguan sistem saraf mulai dari otak, sumsum tulang belakang, otot dan saraf tepi, sehingga bisa melakukan pengobatan seperti stroke, epilepsi, nyeri yang berhubungan dengan gangguan saraf, parkinson, hernia pada tulang belakang (saraf terjepit), infeksi (meningitis, encephalitis), tumor pada saraf.

Bila sudah ada gejala seperti gangguan bicara, kesemutan, gangguan keseimbangan, nyeri kepala ataupun pusing  yang berkepanjangan, gangguan koordinasi, refleks tubuh yang berkurang bisa dilakukan pemeriksaan di dokter spesialis saraf.

Dokter hanya melakukan tindakan pengobatan yang sesuai dengan kondisi pasien. Bila diperlukan tindakan pembedahan pada saraf, maka dokter saraf merujuk pasien ke dokter spesiais bedah saraf.

Pernahkah Anda mendengar atau mengetahui istilah apa itu neurologi? Pembahasan mengenai neurologi, neurosurgery dan bedah saraf sedang banyak dicari dan dibahas saat ini. Istilah ini mulai masuk pada masyarakat dan menjadi tidak asing lagi untuk khalayak umum. Artikel ini akan mengupas beberapa hal mengenai neurologi yang wajib diketahui, yuk simak penjelasan berikut!

Neurologi salah satu ilmu medis yang mendalami seputar sistem saraf manusia.

Apa Itu Neurologi?

Neurologi merupakan cabang ilmu dalam bidang kedokteran yang berfokus pada otak dan sistem saraf. Dokter spesialis yang menangani penyakit dan segala jenis pengobatan pada gangguan terkait otak dan sistem saraf, biasa dikenal sebagai neurologis. Penyakit atau gangguan neurologi sangat beragam, mulai dari gangguan memori hingga kegagalan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini memiliki dampak yang beragam terutama pada kehidupan pasien tersebut.

Gangguan Neurologis

Gangguan neurologis adalah gangguan yang menyerang bagian otak dan sistem saraf. Terdapat berbagai jenis gangguan neurologis, berikut adalah penyakit neurologis yang sering dijumpai, antara lain:

Sklerosis Multiple

Sklerosis multiple merupakan salah satu penyakit yang diduga disebabkan oleh lingkungan, genetik dan virus. Penyakit ini biasa ditandai dengan adanya rasa geli, mati rasa atau kelemahan pada beberapa anggota tubuh. Penyakit ini perlu untuk segera ditangani supaya dapat mencegah perkembangan dari penyakit tersebut. Jika dibiarkan, penyakit ini dapat menyerang otot, saluran kemih dan juga menyebabkan gangguan berpikir. Penyakit ini menyerang bagian otak dan korda spinalis dari pasien.

Alzheimer

Alzheimer merupakan gangguan yang sering terjadi pada pasien yang telah lanjut usia dan biasa ditandai dengan adanya kehilangan memori dalam otak. Namun, sebenarnya penyakit ini tidak hanya dapat diderita oleh pasien yang lanjut usia tetapi pada usia muda juga memungkin untuk mengidap penyakit Alzheimer ini. Pasien dengan Alzheimer biasanya akan kehilangan memori jangka pendek, disorientasi, kesulitan untuk melakukan kegiatan sehari-hari, sulit untuk berbicara dan mengingat kata-kata serta mengalami gangguan emosi. Jika sudah sampai tahap yang lebih parah, pasien bisa mulai berhalusinasi dan paranoid. Pengobatan untuk pasien penderita Alzheimer belum ditemukan, tapi beberapa pengobatan yang telah tersedia mampu memperlambat dan memperbaiki gejala penyakit ini untuk sementara waktu.

Parkinson

Parkinson merupakan salah satu gangguan neurologis yang disebabkan oleh toksin lingkungan atau infeksi virus. Gangguan Parkinson ini menyerang sel saraf pada bagian tengah otak yang berguna untuk mengatur sistem gerak pada tubuh. Penyakit ini banyak dijumpai pada kalangan lansia yaitu sekitar umur 50-65 tahun. Gejala yang sering muncul adalah gemetar atau kaku pada bagian tungkai yang jika tidak ditangani akan menyebabkan munculnya tremor dan hilangnya keseimbangan serta koordinasi dari pergerakan tubuh penderita.

Penyakit Lainnya

Penyakit neurologis lainnya yang jarang ditemui adalah seperti Lou Gehrig’s, demensia, Bell’s Palsy, autisme, sindrom Down, epilepsi, sindrom Guillain-Barre, sindrom Restless Legs, meningitis, ensefalitis dan beberapa lainnya.

Beda Dokter Spesialis Saraf dan Bedah Saraf

Kemudian, apa beda dari dokter spesialis saraf dan dokter bedah saraf? Dokter saraf merupakan dokter spesialis yang khusus untuk mendiagnosa sekaligus mengobati penyakit yang berkaitan dengan gangguan neurologis. Gangguan neurologis adalah sebuah penyakit yang menyerang pada bagian sistem saraf seperti otak, otot, saraf tulang belakang dan saraf tepi. Sedangkan, dokter spesialis bedah saraf merupakan subspesialisasi dari dokter saraf itu sendiri. Dokter spesialis bedah saraf ini lebih fokus pada penanganan penyakit saraf dengan menggunakan metode pembedahan atau operasi. Dokter spesialis saraf sendiri biasa dikenal juga sebagai neurosurgeon.

Neurologi Anak

Dokter neurologi tidak hanya dapat menangani penyakit atau gangguan pada orang dewasa atau para lansia, namun juga dapat menangani anak-anak. Dokter neurologi yang khusus untuk menangani anak-anak disebut dokter neurologi anak. Neurologi anak atau neurologi pediatri ini merupakan cabang yang lebih dikhususkan untuk menangani serta mengelola berbagai kondisi neurologis pada bayi baru lahir hingga remaja. Tugas dari dokter neurologi anak ini sama seperti dokter neurologi lainnya, yaitu membantu mengatasi penyakit atau gangguan pada sumsum tulang belakang, otak, sistem saraf, otot dan pembuluh darah khususnya pada anak-anak.

Dokter neurologi anak ini bertindak sebagai salah satu konsultan untuk membantu dokter anak. Dokter neurologi anak ini mampu mendiagnosis, memberikan konsultasi hingga perawatan pada anak-anak yang menderita gangguan neurologis. Konsultasi yang biasa diberikan juga bersifat rutin dan dalam jangka waktu yang cukup panjang, guna membantu pasien mencapai kesembuhan. Dokter neurologi anak ini juga dapat ditemui dimana-mana, seperti rumah sakit hingga klinik-klinik.

Bedah saraf tumor bertujuan untuk mendiagnosis dan mengobati tumor yang terdapat pada sistem saraf.

Neurosurgery

Jika Anda mengenal dokter neurologi, maka Anda tidak akan asing dengan istilah neurosurgery, bukan? Neurosurgery atau bedah saraf merupakan sebuah prosedur medis yang dilakukan guna mendiagnosis dan mengobati gangguan atau penyakit pada sistem saraf. Proses pembedahan ini dapat dilakukan pada bagian otak, saraf tulang belakang hingga serabut saraf tepi yang ada di seluruh anggota tubuh penderita.

Berikut adalah beberapa teknik pengobatan dan teknik diagnosis dari neurosurgery, antara lain:

  • Bedah saraf untuk penyakit tumor.
  • Bedah saraf untuk penyakit vaskular, yaitu adanya kelainan pada pembuluh darah di otak.
  • Bedah saraf untuk penyakit vaskular, yaitu adanya kelainan pada pembuluh darah di otak.
  • Bedah saraf fungsional untuk penyakit yang terjadi akibat adanya kelainan fungsi sistem saraf.
  • Bedah saraf traumatik guna mengobati penyakit saraf yang ada di otak dan tulang belakang akibat adanya cedera.
  • Bedah saraf anak atau pediatrik, khusus diberikan pada bayi dan anak-anak.
  • Bedah saraf spinalis untuk penyakit yang berada di bagian tulang belakang.

Selanjutnya, adalah beberapa metode atau prosedur medis yang sering dilakukan untuk mengobati penyakit atau gangguan saraf yang ada, antara lain:

Stereotactic Radiosurgery

Stereotactic Radiosurgery (SRS) merupakan metode medis yang menggunakan radiasi guna menghancurkan sel-sel tumor. Radiasi yang dipancarkan dari SRS akan merusak DNA sel-sel tumor, sehingga sel-sel tersebut akan mengalami kematian Sinar radiasi yang digunakan oleh SRS adalah sinar rontgen, tembakan proton dan sinar gamma.

Kraniotomi

Kraniotomi atau bedah otak adalah prosedur bedah yang dilakukan dengan cara membuka dan mengangkat sebagian kecil tulang tengkorak untuk melakukan tindakan medis pada otak guna mendiagnosis maupun melakukan perawatan langsung pada sumber penyakit atau gangguan pada otak.

Neuroendoskopi

Neuroendoskopi dilakukan dengan menggunakan endoskop yang biasanya dimasukkan melalui hidung atau mulut hingga mencapai bagian tengkorak. Metode ini memungkinkan dokter untuk memantau dan melihat secara visual sel tumor yang ada, guna menentukan metode terapi selanjutnya.

Awake Brain Surgery

Awake brain surgery atau AWS merupakan salah satu metode bedah kraniotomi. Berbeda dengan kraniotomi konvensional yang menggunakan obat bius total, pasien yang menjalani AWS hanya diberikan obat bius lokal dan obat penenang.

Microsurgery

Microsurgery merupakan metode bedah yang menggunakan mikroskop guna memperbaiki sistem saraf tepi. Metode ini mampu memberikan sebuah gambaran visual yang lebih jelas sehingga pembedahan dapat dilakukan secara lebih teliti.

Apa itu neurologi sudah dapat Anda pahami dari penjelasan di atas. Mulai dari definisi apa itu neurologi hingga neurosurgery. Semoga penjelasan tersebut dapat membantu menjawab pertanyaan dan kebingungan Anda selama ini dan bermanfaat bagi Anda kedepannya. Mulailah untuk lebih peka mengenai kesehatan tubuh Anda dan pelajari penanganan yang tepat untuk penyakit Anda.

Telah direview oleh dr. Sylvani Gani

Source:

  • Neurologi
  • Apa Itu Neurologi
  • Neurologi

Artikel Terkait

Apa saja yg ditangani dokter saraf?

Peran Dokter Spesialis Bedah Saraf adalah melakukan diagnosis dan merawat kondisi medis yang mempengaruhi sistem saraf, termasuk:.
Tengkorak..
Tulang belakang..
Cakram (disc) tulang rawan dari tulang belakang..
Pembuluh darah..
Membran pelindung dan jaringan lunak..

Penyakit saraf meliputi apa saja?

Beberapa gangguan yang mungkin terjadi pada sistem saraf antara lain:.
Meningitis. Meningitis atau radang selaput otak adalah salah satu jenis penyakit saraf yang kerap dialami seseorang, terutama pada bayi, anak-anak, dan remaja. ... .
Stroke. ... .
Multiple Sclerosis. ... .
Bell's Palsy..

Kapan kita harus ke dokter saraf?

Kamu mungkin perlu mendatangi dokter saraf apabila diri sendiri atau kerabat dekat mengalami sakit kepala yang disertai gejala, seperti: Demam. Muntah. Mati rasa di wajah.

Apa yang Menyebabkan penyakit saraf?

Penyebab Sakit Saraf Infeksi akibat bakteri, virus, jamur, atau parasit, seperti meningitis, radang otak (ensefalitis), polio, herpes zoster, atau abses epidural. Kelainan struktur, seperti cedera saraf tulang belakang, kanker otak, Bell's palsy, atau carpal tunnel syndrome (CTS)